PIR-Zug dan PGN Garap Listrik Riau

PIR-Zug dan PGN Garap Listrik Riau
PIR-Zug dan PGN Garap Listrik Riau
JAKARTA- Krisis listrik di Riau tampaknya akan segera teratasi. Hal ini menyusul ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antara konsorsium PT Pengembangan Investasi Riau (PIR) dan PT Zug Industry Indonesia dengan PT Perusahaan Gas Negara (PGN). MoU ini terkait rencana jual beli gas sebesar 50 Million Metric Standard Cubic Feet per Day ( MMSCFD) yang digunakan untuk penyediaan listrik di provinsi Riau.

MoU tersebut ditandatangani Ketua konsorsium PT PIR-Zug Industry Indonesia, Rida K Liamsi dengan Direktur Utara PT PGN, Hendi Priyo Santoso di Hotel Nikko Jakarta, Kamis (15/4). Pendatanganan MoU tersebut disaksikan langsung Direktur Jenderal (Dirjend) Minyak dan Gas Bumi Kemnterian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Evita Herawati Legowo serta Gubernur Riau, HM Rusli Zainal.

Evita Herawati Legowo dalam sambutannya menyatakan bahwa perjanjian ini sebagai langkah positif untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan di Riau yang masih terjadi krisis apabila mencapai beban puncak. "Untuk tahap awal ini, alokasi gas dari PGN akan disediakan sebesar 20 MMSCGD, diharapkan pasokan gas tersebut dapat menghasilkan energi listrik hingga 100 MW," kata Evita.

Sementara Gubri, Rusli Zainal menyatakan bahwa dengan adanya suplai gas dari PGN untuk menggerakkan pembangkit di Riau hendaknya bisa mengatasi krisis listrik yang kerap terjadi di Riau. "Besarnya energi listrik tersebut diharapkan bisa menyuplai keperluan listrik di Riau terutama untyuk penyelenggaraan (PON) XVIII pada tahun 2012 serta keperluan energi untuk pengembangan dua program strategis nasional yang telah ditetapkan yakni Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kota Dumai dan kawasan terpadu cluster industri hilir kelapa sawit di Kuala Enok, kabupaten Indra Girihilir  

JAKARTA- Krisis listrik di Riau tampaknya akan segera teratasi. Hal ini menyusul ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antara konsorsium

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News