Piramida Futuristik Ikon Baru Paris

Piramida Futuristik Ikon Baru Paris
Piramida Futuristik Ikon Baru Paris
PARIS - Langit Paris bakal meriah. Gedung menjulang berbentuk piramida setinggi 180 meter segera dibangun, dan diharapkan kelar dibangun pada 2012. Bangunan pencakar langit ini merupakan yang pertama didirikan di ibu kota Prancis dalam kurun 30 tahun terakhir.

Gedung yang desainnya dikenalkan pada Kamis (25/9) itu rencananya berisi kantor-kantor dengan pemandangan ke luar dan sebuah hotel mewah dengan pendangan ke pusat kota. Juga terdapat butik-butik, restoran, kolam renang, taman gantung, dan museum bahasa dunia yang meniru menara Babel.

Rencana pembangunan piramida futuristik itu tak lepas dari peran Bertrand Delanoe, wali kota Paris. Pejabat dari Partai Sosialis itu ingin mengubah wajah kotanya yang miskin gedung tinggi. Tak heran jika gedung pencakar langit itu dijuluki Menara Delanoe, meski nama sebenarnya adalah Segi Tiga.

Bangunan ini diprediksi bakal menyita perhatian para pengguna jalan. Bukan lantaran bentuknya yang segi tiga, melainkan karena mayoritas bagian luar gedung dilapisi kaca sehingga terkesan transparan. Pada malam hari, kemilau lampu akan memancar dari piramida masa depan ini.

PARIS - Langit Paris bakal meriah. Gedung menjulang berbentuk piramida setinggi 180 meter segera dibangun, dan diharapkan kelar dibangun pada 2012.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News