JPNN.com

PIT Usulkan 6 Tokoh Jadi Kandidat Menteri Jokowi

Rabu, 16 Oktober 2019 – 23:37 WIB PIT Usulkan 6 Tokoh Jadi Kandidat Menteri Jokowi - JPNN.com
Koordinator PIT Muhammad Syukur Mandar bersama Robert B Keytimu, Roy Simbiak, Rully Said, dan Andi Bohar dalam Konferensi Pers di Jakarta, Rabu (16/10). Foto: Dok. PIT

jpnn.com, JAKARTA - Perhimpunan Indonesia Timur (PIT) mengusulkan enam tokoh sebagai kandidat menteri atau wakil menteri pada Kabinet Jokowi-Kiai Ma’ruf Amin.

Keenam tokoh itu adalah La Ode Ida (Akademisi/mantan Wakil Ketua DPD RI), Andi Gani Nena Wea (Ketua KSPI/Tokoh Buruh), Alex Retrubun (unsur birokrat/mantan wakil menteri), Manuel Kaisiepo (Tokoh Papua, Mantan Menteri PDT), Muhammad Zainul Majdi (Mantan Gubernur NTB), dan Letjen (Purn) Syarifuddin Tippe (unsur Purn TNI/Akademisi).

Hal tersebut disampaikan Koordinator PIT Muhammad Syukur Mandar bersama Robert B Keytimu, Roy Simbiak, Rully Said, dan Andi Bohar dalam Konferensi Pers di Jakarta, Rabu (16/10).

Selain mengusulkan kandidat menteri, sejumlah tokoh yang tergabung dalam PIT memberikan dukungan penuh pada Presiden Jokowi dalam menyelesaikan program lanjutan dan Program yang telah dicanangkan lima tahun ke depan.

Dalam konteks itu, PIT merekomendasikan beberapa hal yang bersifat urgen dan memerlukan penyelesaian secara cepat dan cermat oleh Presiden dan dilaksanakan oleh para menteri terkait sebagai perpanjangan tangan Presiden.

Pertama, PIT menilai Presiden Jokowi sangatlah tanggap menyikapi persoalan pengungsi gempa Lombok NTB, pengungsi Wamena, dan pengungsi Gempa Maluku, namun disayangkan instansi terkait yang diberikan kewenangan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut sangatlah lamban dan tidak membuahkan suatu hasil yang sesuai harapan masyarakat di kawasan timur Indonesia.

Kedua, PIT mengusulkan pembentukan tim rekonsialisasi yang melibatkan tokoh setempat, tokoh lintas agama, dan Tokoh Nasional yang independen dalam melakukan rekonsiliasi pemulihan di Wamena.

Ketiga, penyelesaian pengungsi Maluku harus bersifat menyeluruh, dan sesuai dengan kondisi objektif pengungsi yang berada di kamp pengungsi, dalam waktu yang cepat dan cermat.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...