Mengendus Kandidat Menteri Dari Papua

Oleh: Elias Sumardi Dabur

Mengendus Kandidat Menteri Dari Papua
Koordinator Analis Relawan Jokowi BK52, Elias Sumardi Dabur. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Perbincangan publik yang mengemuka ketika panggung politik elektoral pilpres usai adalah penyebutan kriteria, bahkan penyebutan nama-nama calon menteri yang diusung untuk mengisi jajaran kabinet mendatang.

Percakapan publik ini tidak hanya monopoli partai-partai, relawan pendukung dan para pengamat, tetapi juga menjadi perbincangan aktif masyarakat, termasuk masyarakat Papua yang merindukan tampilnya figur yang benar-benar representasi Orang Asli Papua (OAP).

Ada sejumlah figur mumpuni dari Papua yang memiliki kemampuan, prestasi, pengalaman pemerintahan yang disebut-sebut dan diusulkan sebagai calon menteri Presiden Jokowi. Siapa saja nama-nama calon menteri yang diusulkan berbagai elemen masyarakat Papua? Siapakah di antara nama yang diusulkan itu mendapatkan pemberitaan media paling tinggi?

Media Monitoring

Guna menemukenali dan mengukur frekuensi pemberitaan terkait figur calon menteri asli Papua, salah satu metode yang bisa dipakai adalah dengan melakukan Media Monitoring dan Analisis. Media Monitoring dan Analisis merupakan salah satu metode yang efektif dalam mengukur, mengidentifikasi, melacak berita, menemukan informasi dalam hal ini kandidat menteri dari Papua.

Media yang dimonitor terdiri dari media online nasional: antaranews.com, tribunnews.com, beritasatu.com, jppn.com, liputan6.com. Sedangkan, media online lokal yang dipantau adalah: ceposonline.com, papuasatu.com, honaipapua.com, salampapua.com, dan suara papa.com.

Pemilihan media-media ini didasari pertimbangan jangkauannya luas dan besarnya pembaca. Periode waktu pemantauan dimulai bulan Juni hingga Juli 2019. Penentuan waktu ini didasari pertimbangan bahwa pemberitaan terkait calon-calon menteri mulai intens diberitakan, apalagi setelah penetapan paslon pemenang Pilpres 2019 oleh KPU, dalam hal ini paslon Jokowi-Amin.

Hasil pantauan berita pada media online tersebut, ditemukan sejumlah nama calon menteri dari Papua. Nama-nama yang muncul atau diusulkan di antaranya adalah Ketua BK DPD RI Mervin Sadipun Komber, Rektor Universitas Cenderawasih Dr. Paolo Safanpo, Gubernur Papua Lukas Enembe, Direktur Daerah Tertinggal, Transmigrasi dan Perdesaan BAPPENAS Velix Wanggai, Staf Khusus Presiden Pokja Papua Lenius Kagoya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Prof. Yohana Yembesi, dan mantan Bupati Jayawijaya John Wempi Watipo.

Ada sejumlah figur mumpuni dari Papua yang memiliki kemampuan, prestasi, pengalaman pemerintahan yang disebut-sebut dan diusulkan sebagai calon menteri Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News