Pj Bupati Jayapura kepada Guru PPPK: Jangan Pernah Mengeluh Kalau Ditempatkan di Wilayah yang Jauh

Pj Bupati Jayapura kepada Guru PPPK: Jangan Pernah Mengeluh Kalau Ditempatkan di Wilayah yang Jauh
Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo saat bersalaman dengan Honorer K2 dan PPPK beberapa waktu lalu usai apel pagi. (ANTARA/Yudhi Efendi)

jpnn.com - SENTANI - Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengatakan kekosongan guru di daerah ini dapat diatasi dengan perekrutan guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK. Pihaknya berharap guru PPPK dapat melaksanakan tugas dengan baik dalam mencerdaskan anak-anak di daerah tersebut.

“Kami sangat berharap 79 guru PPPK ini dapat memberikan semua sumber daya dalam mencerdaskan anak-anak Kabupaten Jayapura,” kata Triwarno di Sentani, Selasa (10/10).

Dia menambahkan bahwa memang daerah ini masih banyak sekolah yang belum memiliki guru, sehingga anak-anak menjadi korban. "Semoga dengan tenaga guru PPPK ini, sekolah yang tidak punya guru bisa terbantu dan anak-anak bisa memperoleh pendidikan dengan baik,” ungkapnya.

Dia menjelaskan jumlah SD-SMA/SMK di daerah ini sebanyak 119 dan tersebar di 19 distrik, dan membutuhkan penanganan yang serius mengenai masalah pendidikan.

“Kita ada sekolah di wilayah terluar, seperti Distrik Airu, Gresi Selatan, Yapsi, Unurum Guay, Yokari, Ravenirara, itu memiliki permasalahan yang berbeda-beda disesuaikan dengan kondisi alam sekitar,” katanya.

Dia menambahkan guru PPPK ini harus dapat betah tinggal dan mengabdi dalam pelayanan pendidikan kepada anak-anak di wilayah-wilayah tersebut. “Jangan pernah mengeluh kalau ditempatkan di wilayah yang jauh, tetapi bekerjalah dengan hati,” ujarnya.

Sesuai Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek, jumlah sekolah di Kabupaten Jayapura, yaitu SD negeri 76, SD swasta 62. Jadi, totalnya 138. SMP negeri sebanyak 32, SMP swasta 17, sehingga totalnya 49. Sementara SMA negeri 9, SMA swasta 15, sehingga total menjadi 24. Adapun SMK negeri 6, dan SMK swasta 2 sehingga totalnya ialah 8. (antara/jpnn)

Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo berpesan kepada para guru PPPK agar jangan pernah mengeluh apabila ditempatkan di wilayah yang jauh. Bekerjalah dengan hati.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News