PKB Jateng Mulai Asah Nama Marwan untuk Pilgub

PKB Jateng Mulai Asah Nama Marwan untuk Pilgub
Ketua Dewan Pembina Laskar Ahlussunnah Wal Jama'ah (Aswaja) Marwan Jafar. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, MAGELANG - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mulai menjaring nama untuk Pilkada Jawa Tengah 2018. Sejauh ini, nama yang mengemuka dan punya kans besar untuk diusung PKB sebagai calon gubernur pilkada Jateng tahun depan adalah Marwan Jafar.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jateng KH Yusuf Chudlori mengatakan, pihaknya sudah menerima masukan-masukan dari dewan pimpinan cabang (DPC). “Sampai saat ini yang sudah muncul dan didukung DPC-DPC di Jateng adalah Pak Marwan,” ujar Yusuf di Magelang, Sabtu (22/4).

Kiai muda yang lebih beken disapa dengan panggilan Gus Yusuf itu menambahkan, sejumlah DPC PKB yang mengusulkan nama Marwan juga menyodorkan berbagai pertimbangan. Antara lain didasarkan pada kiprah Marwan selama ini dalam membesarkan PKB.

Selain itu, kata Gus Yusuf menambahkan, salah satu pertimbangan penting bagi partainya untuk mengusung figur di Pilkada Jateng 2018 adalah aspirasi warga Nahdlatul Ulama (NU). Selama ini, Marwan yang kelahiran Pati, Jawa Tengah memang sudah lama berkiprah di NU.

Marwan pernah memimpin Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sebagai sosok berlatar belakang pendidikan hukum, politikus PKB kelahiran 12 Maret 1971 itu juga pernah menjadi Kepala Bidang Litigasi dan Konsultasi LPBH NU Yogyakarta.

Marwan juga tergabung di GP Ansor. Dia pernah duduk di Litbang GP Ansor DIY.

Karir Marwan di NU yang dirintis dari bawah telah mengantarnya ke kepengurusan di tingkat pusat. Peraih gelar master hukum dari Universitas Kebangsaan Malaysia itu juga dipercaya memimpin Lembaga Pengembangan Pertanian PBNU.

Namun, salah satu catatan penting bagi Marwan adalah ketika sebagai Ketua Fraksi PKB DPR 2009-2014 menginisiasi Rancangan Undang-Undang (RUU) Desa dan berhasil meloloskannya menjadi undang-undang. Marwan bahkan sempat dipercaya sebagai menteri desa dan pembangunan daerah tertinggal di Kabinet Kerja.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mulai menjaring nama untuk Pilkada Jawa Tengah 2018. Sejauh ini, nama yang mengemuka dan punya kans besar untuk diusung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News