PKB Kritisi Kompromi Setgab Soal Kenaikan PT

PKB Kritisi Kompromi Setgab Soal Kenaikan PT
PKB Kritisi Kompromi Setgab Soal Kenaikan PT
JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR, Marwan Jafar menilai pertemuan partai politik pendukung pemerintah yang tergabung dalam Sekretariat Gabungan (Setgab) untuk mencari kompromi soal ambang batas parlemen (Parliamentary Threshold/PT) malam ini, merupakan bentuk upaya deparpolisasi. Sebab, praktik itu sama saja mencederai proses demokrasi.

"Agenda resmi DPR besok (19/17) akan dilangsungkan Paripurna DPR guna memutus masalah Parliamentary Threshold. Di sisi lain, malam ini Setgab Koalisi Parpol menggelar rapat dengan tema yang sama. Keputusan tersebut awal dari deparpolisasi secara lembut," kata Marwan Jafar dalam diskusi bertema 'Undang-undang Pemilu yang Jujur dan Adil' yang digelar Fraksi PPP di gedung DPR RI, Senin (18/7).

Menurut Marwan, substansi pembahasan rapat Setgab malam ini hanya satu, yakni memuluskan  kenaikkan PT hingga lima persen. "Dengan angka PT lima persen tersebut, maka upaya deparpolisasi berjalan sangat softly," tandasnya.

Lebih lanjut Marwan mengatakan, praktik deparpolisasi itu berbahaya karena sama saja memangkas parpol sebagai pilar demokrasi. Bahkan, sebut Marwan, gerakan deparpolisasi sama saja dengan mendegradasi DPR.

JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR, Marwan Jafar menilai pertemuan partai politik pendukung pemerintah yang tergabung dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News