PKB Paling Setia di Koalisi

PKB Paling Setia di Koalisi
PKB Paling Setia di Koalisi
JAKARTA - Koalisi pemerintahan terus mengalami dinamika di internalnya. Diantara sekian partai peserta koalisi, Partai Demokrat memandang Partai Kebangkitan Bangsa yang paling konsisten memegang komitmen koalisi. 

Wasekjen DPP Partai Demokrat Saan Mustofa menilai, partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar itu merupakan mitra koalisi yang selalu berjalan seiring dengan partainya mengamankan pemerintahan. "PKB yang paling konsisten. Kita apresiasi dan sangat hargai konsistensi itu," ujar Saan, di Jakarta, kemarin (23/12). Namun, dia tidak bisa menyebutkan bentuk apresiasi yang bakal didapat partai yang terus dirundung konflik internal tersebut. "Bentuk apresiasinya apa, itu bukan urusan kita," tambah sektretaris FPD tersebut.

Namun, dengan nada berkelakar, Saan menyatakan, imbal balik yang paling tidak akan didapat PKB adalah posisi kader mereka di kabinet yang relatif akan aman. "Nggak ada reward. Reward-nya kami (Demokrat, Red) nggak pernah ganggu-ganggu, menterinya, sehingga masih tetap aman," katanya, lantas tertawa. Sejak bergabung dengan koalisi pemerintahan setelah sukses ikut mendukung pasangan SBY-Boediono dalam pilpres, PKB memang relatif jarang mengkritisi kebijakan pemerintah. Di hampir setiap pengambilan keputusan di parlemen, pemilik 26 kursi di DPR itu selalu seiring dengan Demokrat.

Hal itu berbeda dengan beberapa partai lainnya. Terutama, Partai Golkar dan PKS yang kerap berbeda dengan posisi politik yang diambil Demokrat. Misalnya, dalam kasus Bank Century beberapa waktu lalu. Bahkan, terakhir PKS melalui salah satu ketua DPP-nya Mahfudz Siddiq. Mantan ketua Fraksi PKS tersebut sempat menyatakan kemungkinan keluar partainya dari setgab karena merasa dianak tirikan. Menurut Mahfudz, setgab hanya didnimasi oleh dua partai besar, Demokrat dan Golkar.

JAKARTA - Koalisi pemerintahan terus mengalami dinamika di internalnya. Diantara sekian partai peserta koalisi, Partai Demokrat memandang Partai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News