Marzuki Akui Komunikasi DPR Buruk

Refleksi DPR 2010

Marzuki Akui Komunikasi DPR Buruk
Marzuki Akui Komunikasi DPR Buruk
JAKARTA - Berbagai kritikan atas kinerja DPR RI menimpa lembaga legislatif itu sepanjang tahun 2010. Ketua DPR RI Marzuki Alie menilai masih rendahnya kinerja DPR disebabkan pola komunikasi yang buruk.

Hal tersebut disampaikan oleh Marzuki kepada wartawan di gedung parlemen, Jakarta, kemarin (23/12). Menurut dia, berbagai rencana dan program kerja DPR selama tahun 2010 tidak tersampaikan dalam momen yang tepat dan proporsi yang sebenarnya. "Akibatnya, hanya menjadi barang busuk, selesai," kata Marzuki.

Padahal, sejatinya banyak program kerja DPR yang bermanfaat untuk rakyat banyak. Beberapa diantaranya adalah program rumah aspirasi dan dana aspirasi. "Konsepnya bagus, benar-benar bagus. Namun komunikasinya yang kurang," jelasnya.

Sebagai contoh, keberadaan rumah aspirasi untuk menampung suara rakyat langsung dari daerah. Selama ini, setiap anggota dewan tidak mampu membawa secara langsung aspirasi rakyat kepada pemerintah. Hal ini menurut Marzuki, disebabkan tidak adanya forum untuk menyampaikan aspirasi itu. "Saat ini kan perjuangan sendiri-sendiri, ke konstituennya, bukan ke rakyat," kata dia.

JAKARTA - Berbagai kritikan atas kinerja DPR RI menimpa lembaga legislatif itu sepanjang tahun 2010. Ketua DPR RI Marzuki Alie menilai masih rendahnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News