PKB Siap Ganjal Hak Angket KPK

PKB Siap Ganjal Hak Angket KPK
Ilustrasi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa di DPR Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan fraksinya kukuh menolak hak angket KPK, meski sudah disetujui rapat pripurna DPR, Jumat (28/4).

Cucun menjelaskan, dalam rapat angket nanti pihaknya akan menanyakan kembali mekanisme paripurna yang tidak demokratis. Sebab, kata dia, banyak anggota dewan yang interupsinya tidak dihiraukan pimpinan rapat. Ditambah lagi, ada tiga fraksi yang walk out.

"Kami akan menanyakan nanti pas angket dimulai,” kata Cucun di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (28/4).

Dia mengatakan, jika rapat tidak bulat maka harus dikonsultasikan dulu dengan rapat konsultasi dan diskors. “Nah ada mekanisme lain seperti voting. Kalau voting kan bagian dari musyawarah mufakat," ujar anggota Komisi IV DPR ini.

Cucun memandang, rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah itu mengambil keputusan secara sepihak. Dia menegaskan, pimpinan tidak menjalankan rapat sesuai peraturan. “Kalau rapat paripurnanya semacam tadi kan itu menunjukkan hak 560 anggota dewan dirampas oleh pimpinan," tegasnya.

Karenanya, Cucun menengaskan, fraksinya akan memaksimalkan sikap penolakan melalui anggotanya yang duduk di Komisi III DPR saat angket berjalan. “Nanti kami maksimalkan melalui anggota kami di Komisi III. Kami tetap menolak mekanisme angket, karena ada Komisi III yang bisa memaksimalkan fungsi pengawasannya," ujar Cucun. (boy/jpnn)


Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa di DPR Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan fraksinya kukuh menolak hak angket KPK, meski sudah disetujui


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News