PKS Desak Pemerintah Melakukan Pengawasan PLTP Superketat

PKS Desak Pemerintah Melakukan Pengawasan PLTP Superketat
Politikus PKS Mulyanto meminta Kementerian ESDM melakukan pengawasan super ketat karena kejadian kebocoran gas di PLTP terjadi secara beruntun. Foto: Antara/Humas Fraksi PKS

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua FPKS DPR RI Bidang Industri dan Pembangunan Mulyanto meminta Kementerian ESDM melakukan pengawasan super ketat di semua Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP)

Hal itu menyusul terjadinya kebocoran gas di PLTP Geo Dipa di Kawasan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.

Kebocoran gas sebelumnya juga terjadi di PLTP Sorik Merapi, Mandailing Natal, Sumatera Utara yang menyebabkan 58 warga dilarikan ke rumah sakit.

"Kami mendesak pemerintah untuk melaksanakan pengawasan dan pembinaan terhadap pengelolaan PLTP di seluruh Indonesia agar keselamatan pekerja, masyarakat, dan lingkungan dapat terlaksana dengan baik," kata Mulyanto, Minggu (13/3).

Mulyanto heran kecelakaan di PLTP ini bisa beruntun.

Menurutnya, pemerintah terkesan kurang maksimal dalam melaksanakan fungsi pengawasan operasi PLTP.

"Ini kasus yang beruntun, kami khawatir soal ini. Apalagi, pemerintah mau menggenjot pembangunan PLTP lebih dari 400 persen dalam beberapa tahun ke depan untuk mengejar target EBT di 2025," tegas Mulyanto.

Mulyanto menjelaskan jika pembangunan PLTP tidak dilakukan dengan cermat maka yang akan menjadi korban adalah pekerja, masyarakat dan lingkungannya.

Politikus PKS Mulyanto meminta Kementerian ESDM melakukan pengawasan super ketat karena kejadian kebocoran gas di PLTP terjadi secara beruntun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News