PKS-PAN Diprediksi Merapat di Poros Keempat

PKS-PAN Diprediksi Merapat di Poros Keempat
PKS-PAN Diprediksi Merapat di Poros Keempat

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif PolcoMM Institute Heri Budianto mengatakan jika Partai Demokrat membentuk poros keempat maka partai yang sangat mungkin akan merapat adalah Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasional.

"Dua partai ini sangat mungkin untuk sama-sama dengan Demokrat," ungkap Heri dalam acara diskusi membaca poros keempat: Mungkin atau Tidak?, di Hotel Alia, Cikini, Kamis (1/5).

Menurut Heri, memang PKS dan PAN sudah melakukan pendekatan terhadap tiga partai teratas pemenang pemilu berdasarkan hitung cepat lembaga survei.

Yakni, PDI Perjuangan, Partai Golkar dan Partai Gerindra. "Komunikasi PKS dn PAN ke partai tiga besar itu belum pasti berhasil," kata Heri.

Karenanya, pengamat politik dari Universitas Mercubuana, itu menegaskan jika akhirnya komunikasi itu gagal, PAN dan PKS kemungkinan merapat ke PD yang pernah menjadi rekan koalisi.

"Mereka akan merasa lebih nyaman karena sudah tahu bagaimana cara SBY (Susilo Bambang Yudhoyono)," jelasnya.

Menurutnya pula, semuanya tergantung dengan sikap SBY sebagai Ketua Umum dan Ketua Majelis Tinggi PD. "Peluangnya ada di SBY. Kalau SBY tidak memainkan ini dengan baik, tentu akan sulit untuk poros keempat ini terwujud," tegasnya. (boy/jpnn)

JAKARTA - Direktur Eksekutif PolcoMM Institute Heri Budianto mengatakan jika Partai Demokrat membentuk poros keempat maka partai yang sangat mungkin


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News