PKS Serahkan Daftar Caleg ke KPU

Jamin Bebas Korupsi. Caleg Perempuan Lamapaui Kuota

PKS Serahkan Daftar Caleg ke KPU
PKS Serahkan Daftar Caleg ke KPU

jpnn.com - JAKARTA- DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi menyerahkan  daftar 573 nama calon legislatif kepada KPU Selasa (19/8).  Sekretaris Jenderal DPP PKS Anis Matta menegaskan, seluruh nama caleg yang diserahkan sudah melalui seleksi semenjak dua tahun lalu.

            ‘’Karena itu, kami berharap, caleg yang diusung PKS tidak terlibat dalam kasus hukum. Dan bahkan kami berani memastikan, tidak pernah terlibat korupsi,’’ ujar Anis Matta sebelum menyerahkan daftar calegnya ke KPU.

            Anis juga menegaskan, bahwa para calegnya sudah melewati seleksi moral yang dilakukan oleh dewan syariah. ‘’Dewan Syariah itu, semacam pengadilan,’’ ujar Anis yang kini masih menjadi anggota DPR RI itu.

            Sampai saat ini, PKS merupakan partai ketiga yang menyerahkan Calegnya ke KPU setelah PDI Perjuangan dan  Partai Karya Peduli Bangsa. Menurut Anis, sebenarnya PKS sudah siap untuk menyerahkan calegnya ke KPU. ‘’Tetapi, dengan pertimbangan untuk memastikan kelengkapan persyaratan, kami baru menyerahkan hari ini. Ini semata-mata karena kami tidak ingin bolak-balik saja,’’ Anis menandaskan.

             Ia menyebutkan sebanyak 80 persen caleg PKS berusia 30-35 tahun dan sebagian besar anggota DPR yang terpilih pada Pemilu 2004 akan bertarung kembali pada Pemilu 2009.  "Sebanyak 35 persen caleg adalah wanita," kata Anis yang juga menjadi caleg DPR dari daerah pemilihan Sulawesi Selatan. L

Anis mengakui terdapat sejumlah nama caleg yang berasal dari kalangan selebriti namun ia menolak menyebutkan nama-nama dimaksud.
Terkait penetapan caleg terpilih berdasarkan suara terbanyak, Anis menyatakan bahwa hal itu tidak sesuai UU Pemilu dan karena itu PKS tetap menggunakan sistem nomor urut.

Menurut dia, penggunaan sistem suara terbanyak digunakan sebagai solusi terakhir untuk meredam konflik yang mungkin terjadi di partai. "Sedangkan sampai sekarang, PKS tetap solid dan tidak ada konflik,’’ Anis  menegaskan. (aj / jpnn)

 

JAKARTA- DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi menyerahkan  daftar 573 nama calon legislatif kepada KPU Selasa (19/8).  Sekretaris


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News