PKS Siap Ikuti 24 Pilkada di Sumut

PKS Siap Ikuti 24 Pilkada di Sumut
PKS Siap Ikuti 24 Pilkada di Sumut
JAKARTA -- Karena terlalu sibuk dengan urusan pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres), diperkirakan banyak partai yang bakalan gagap menghadapi pilkada yang akan digelar secara serentak di 24 kabupaten/kota di Sumut pada 2010 mendatang. Contohnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yang hingga hari ini belum pernah melakukan koordinasi antara pengurus DPP dengan DPW PKS Sumut, guna mempersiapkan pilkada tersebut.

Presiden PKS Tifatul Sembiring menyatakan, pihaknya akan segera melakukan pembicaraan dengan pengurus DPW. Pasalnya, pendaftaran calon ke KPUD akan dibuka pada Februari 2010. Butuh kecermatan untuk mempersiapkan jagonya di 24 kabupaten/kota. "Tentunya semua akan kita ikuti. Pembicaraan intensif dengan pengurus provinsi akan segera kita lakukan," ujar Tifatul Sembiring kepada JPNN di Jakarta, Selasa (28/7).

Disebutkan Tifatul, PKS sudah punya aturan internal dalam menghadapi pilkada, termasuk mekanisme pencalonannya. DPW mengajukan dua pasang bakal calon kepada DPP. Nantinya, DPP akan melakukan survei atau kajian untuk memilih salah satu pasangan calon yang dinilai punya tingkat elektabilitas yang tinggi di mata masyarakat. "Calon harus betul-betul dikenal masyarakat dan figurnya harus yang layak menjadi pimpinan daerah," ujar Tifatul, caleg DPR terpilih dari dapil Sumut 1 itu.

Dengan kriteria itu, PKS tidak akan menutup pintu bagi masuknya tokoh dari luar PKS. Ini mirip dengan mekanisme yang akan dilakukan Partai Demokrat, seperti pernah dikatakan Ketua DPP Demokrat Sutan Bathoegana, bahwa partainya membuka peluang bagi orang non kader untuk ikut mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah.

JAKARTA -- Karena terlalu sibuk dengan urusan pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres), diperkirakan banyak partai yang bakalan gagap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News