PLBN Indonesia-Malaysia di Badau Resmi Dibuka Mulai Hari Ini

PLBN Indonesia-Malaysia di Badau Resmi Dibuka Mulai Hari Ini
Pintu batas Negara RI-Malaysia, di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau, wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat. ANTARA/Teofilusianto Timotius.

jpnn.com, PONTIANAK - Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Indonesia-Malaysia di Kecamatan Badau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, resmi dibuka mulai Rabu 27 Juli 2022. 

Kepala Imigrasi Kelas III Putussibau Ali Hanafi mengatakan pembukaan PLBN Badau itu berdasarkan Surat Edaran Pelaksana Tugas Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor IMI-0650.GR.01.01 tanggal 26 Juli 2022, tentang Kemudahan Keimigrasian dalam Mendukung Pariwisata Berkelanjutan Pada Masa Pandemi Covid-19. 

"Mulai hari ini, PLBN Badau sudah buka pelayanan pelintas baik orang maupun barang," kata Hanafi kepada ANTARA di Putussibau, Kapuas Hulu, Rabu (27/7).

Menurutnya, bagi pelintas baik warga negara asing (WNA) maupun warga negara Indonesia (WNI) wajib mematuhi peraturan berlaku, salah satu syaratnya seperti paspor dan wajib vaksin dosis tiga atau booster. 

"Untuk syarat pelintas selain paspor, sama juga dengan syarat saat hendak berpergian pada penerbangan," jelasnya.

Hanafi mengimbau seluruh masyarakat jika hendak berpergian ke Malaysia, melalui jalur resmi dan tidak melintas pada jalur nonprosedural. 

“Sekarang PLBN Badau sudah dibuka, masyarakat jangan lagi lewat jalan tikus," pesan Hanafi.

Selain itu, karena untuk ke luar negeri itu wajib ada paspor, maka masyarakat juga diimbau untuk mengurus dan membuat paspor pada Kantor Imigrasi Putussibau. 

PLBN Badau di perbatasan Indonesia-Malaysia, resmi dibuka kembali mulai hari ini, Rabu 27 Juli 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News