PLN Bangun Instalasi Gas

PLN Bangun Instalasi Gas
PLN Bangun Instalasi Gas
JAKARTA - PT PLN dan PT PAL Indonesia menyepakati kerjasama dalam penyediaan Instalasi Compressed Natural Gas (CNG) Storage untuk memenuhi kebutuhan pembangkit peaking di wilayah Sumatera Bagian Tengah, khususnya Jambi. Nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) kerjasama itu diteken Direktur Utama PLN Dahlan Iskan dan Dirut PAL Indonesia  Harsusanto di Kantor PLN  Pusat, Jakarta, Senin (9/5).

"Pembangunan instalasi CNG Storage di Jambi ini nantinya akan digunakan untuk menjamin pasokan gas ke pembangkit peaking untuk meningkatkan keandalan pasokan daya pada saat beban puncak (peaker). Sekarang ini, rata-rata beban puncak pemakaian listrik di Provinsi Jambi mencapai sekitar 286 MW dengan total jumlah pelanggan sekitar 246.395," kata Dahlan.

Dahlan mengatakan, Jambi selama ini terkenal dengan sumber gas alam yang cukup melimpah dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pembangkit peaking dengan teknologi CNG. Teknologi ini memproses pemampatan gas selama  periode di luar waktu beban puncak (LWBP) dan menampungnya ke dalam suatu penampungan gas (cylinder tank container).

Lantas, ketika waktu beban puncak (WBP) akan memasok gas tersebut ke pembangkit. Instalasi CNG Plant dan pembangkit peaking akan dibangun sedekat mungkin dengan lokasi sumur gas Sei Gelam 1 yang memiliki kapasitas produksi 2,5 mmscfd yang akan dihubungkan dengan sumur gas Sei Gelam 2 dengan kapasitas 2 mmscfd melalui pipa gas sepanjang 10,5 km.

JAKARTA - PT PLN dan PT PAL Indonesia menyepakati kerjasama dalam penyediaan Instalasi Compressed Natural Gas (CNG) Storage untuk memenuhi kebutuhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News