PLN Batam Temukan Diskotek Curi Listrik

PLN Batam Temukan Diskotek Curi Listrik
PLN Batam Temukan Diskotek Curi Listrik

jpnn.com - BATAM - PT PLN Batam menemukan dugaan pencurian listrik di diskotek and pub HH Club atau Planet 3 di Komplek Pertokoan Nagoya City Centre Blok B Nomor 08, Batam. Hal ini diketahui dari inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Tim Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL), siang tadi (13/8).

Senior Manager Operasional PLN Batam, Hasanudin mengungkapkan bahwa modus pencurian listrik oleh tempat usaha hiburan malam ini dengan cara memodifikasi delapan miniatur circuit braker (MCB) yang terpasang di dalam meteran. "Dayanya meningkat, sedangkan pembayarannya tetap," ujarnya seperti dikutip batampos.co.id.

Hasanudin menuturkan, Planet 3 menjadi pelanggan PLN sejak bulan November 2012. Tempat hiburan malam itu memasang delapan meteran 16 amper.

Sementara kecurigaan PLN berawal dari tagihan bulanan tempat usaha itu yang hanya membayar Rp 145 ribu hingga Rp 500 ribu untuk setiap meterannya. "Hanya membayar abonemennya saja," ungkapnya.

Menurut Hasanudin, idealnya pembayaran instalasi 16 amper sebesar Rp 1 juta hingga Rp1,5 juta per bulannya. Berawal dari kecurigaan itu, PLN kemudian mengecek ke lokasi.

Tak salah, ternyata MCB yang terpasang telah dirubah. Komponen MCB 16 amper dimodifikasi menjadi lebih tinggi. "Ini pencurian namanya," ungkapnya lagi.

Terkait penemuan itu, pihaknya akan memberikan tagihan susulan kepada pemilik usaha. Jika Planet 3 tidak mau membayar, maka PLN Batam akan memutus sambungan listrik secara permanen. "Kemudian kita laporkan kepada pihak kepolisian," katanya. (jpnn)


BATAM - PT PLN Batam menemukan dugaan pencurian listrik di diskotek and pub HH Club atau Planet 3 di Komplek Pertokoan Nagoya City Centre Blok B


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News