PLN Operasikan 7 Trafo Gardu Induk dan 2 Kapasitor

PLN Operasikan 7 Trafo Gardu Induk dan 2 Kapasitor
Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - PACITAN - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) kembali memperkuat pasokan listrik di Jawa Timur, dengan menambah kapasitas tujuh unit trafo dengan total kapasitas 430 Mega Volt Ampere (MVA) dan dua kapasitor 2x25 Mega Volt Ampere reactive (MVAr).

Trafo ini akan membantu pasokan listrik di Pacitan, Jombang, Blitar, Gresik, Surabaya dan sekitarnya.

Tujuh trafo dan dua kapasitor 2x25 MVAr ini diresmikan langsung oleh Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur dan Bali PLN Amin Subekti, Selasa (11/10).

Dari ketujuh trafo tersebut, lima trafo 150/20 kV 60 MVA masing-masing di Pacitan (Kab. Pacitan), Rungkut (Kod. Surabaya), Cerme dan Altaprima (Kab. Gresik), Mojoagung (Kab. Jombang).

Sedangkan, trafo 70/20 kV 30 MVA berada di Kab.Blitar dan satu unit trafo 150/70 kV di Manyar, Kab.Gresik yang dilakukan uprating dari 35 MVA menjadi 100 MVA.

"Penambahan kapasitas ketujuh trafo ini dilakukan selama sebulan terakhir. Adapun pengoperasian kapasitor 150 kV 25 MVAr berasa di Pamekasan dan Tuban," ujar Amin.

Sedangkan pengoperasian kapasitor akan meningkatkan kualitas layanan kelistrikan, khususnya di Pulau Madura.

“Dengan jaminan suplai energi listrik yang mencukupi dan kualitas yang baik dari PLN, bisa mendorong kegiatan masyarakat umum dan memberikan kesempatan para pelaku bisnis dan investor untuk memajukan usahanya di Jawa Timur tanpa khawatir kekurangan listrik,” jelas Amin.(chi/jpnn)

PACITAN - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) kembali memperkuat pasokan listrik di Jawa Timur, dengan menambah kapasitas tujuh unit trafo dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News