PLN Tingkatkan Kualitas Tegangan Listrik Kepada Konsumen yang Jauh Dari Pusat Pembangkit

PLN Tingkatkan Kualitas Tegangan Listrik Kepada Konsumen yang Jauh Dari Pusat Pembangkit
PT PLN menambahan kapasitor di Gardu Induk (GI) untuk meningkatkan kualitas tegangan kepada konsumen. Foto dok PLN

jpnn.com, JAKARTA - PT PLN menambahan kapasitor di Gardu Induk (GI) untuk meningkatkan kualitas tegangan kepada konsumen.

Hal ini diwujudkan dengan penyelesaian pekerjaan penambahan kapasitor di Gardu Induk (GI) Puger untuk meningkatkan kualitas tegangan kepada salah satu Konsumen Tegangan Tinggi (KTT) PT Semen Imasco Asiatic, dengan daya terpasang sebesar 30 Megavolt Ampere (MVA).

General Manager PLN UIT JBM Didik F. Dakhlan menjelaskan penambahan kapasitor ini berguna untuk meningkatkan kualitas tegangan listrik pada pelanggan yang berada jauh dari pusat pembangkit.

Sebelum dilakukan penambahan kapasitor, tegangan yang terukur sebesar 143 kilo Volt (kV) setelah beroperasinya Kapasitor 1, tegangan meningkat menjadi 146 kV, sehingga terjadi kenaikan sekitar (+-2kV) menyesuaikan kondisi sistem.

Didik mengatakan PLN akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, salah satunya pelanggan KTT.

“Dengan adanya penambahan kapasitor ini, tegangan listrik di seluruh pelanggan pastinya lebih andal terlebih pelanggan KTT yang banyak menggunakan mesin-mesin elektronik dalam produksi,” jelasnya.

Didik menambahkan, dalam pekerjaan ini, PLN mengeluarkan biaya investasi sejumlah 6,8 miliar.

Pekerjaan penambahan kapasitor memakan waktu selama 251 hari, dari 16 Agustus 2021 hingga 23 April 2022.

PLN akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, salah satunya pelanggan KTT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News