PLTA Sungai Kayan Bakal Pasok Listrik ke Ibu Kota Baru

PLTA Sungai Kayan Bakal Pasok Listrik ke Ibu Kota Baru
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto : Ricardo

jpnn.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meyakini tidak ada yang perlu dikhawatirkan soal ketersediaan listrik di ibu kota baru. Pasalnya, Kementerian PPN/Bappenas telah melakukan kajian lengkap, termasuk soal pasokan listrik.

"Saya pikir sudah dianalisa secara baik oleh Bappenas, daya dukung untuk proyek pembangunan ibu kota, pasti sudah dihitung dengan baik," tutur Moeldoko kepada wartawan, Rabu (4/9).

Menurut Moeldoko, sumber-sumber listrik untuk ibu kota baru sudah disiapkan. Apalagi, ada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sungai Kayan di Kalimantan Utara yang akan dibangun dalam waktu dekat.

"(PLTA) Sungai Kayan bisa menghasilkan (listrik) cukup besar yang tidak terlalu jauh dari Kalimantan Timur. Jadi menurut saya sudah terkalkulasi," jelas dia.

BACA JUGA: PLTA Sungai Kayan Mulai Dibangun 2020

Diketahui, PLTA di Sungai Kayan nantinya akan didukung lima bendungan. Bendungan pertama menghasilkan 900 megawat, bendungan kedua 1.200 megawat, bendungan ketiga dan keempat itu 1.800 megawat lalu bendungan kelima 3.200 megawat. Sehingga jumlah keseluruhan menjadi 9.000 megawat.

Pembangunan mega proyek ini sudah ditetapkan sebagai proyek strategis nasional berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2018, sehingga secara periodik tentu akan dilaporkan kepada Presiden RI perkembangannya. (dil/jpnn)


Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meyakini tidak ada yang perlu dikhawatirkan soal ketersediaan listrik di ibu kota baru.


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News