PM Erdogan Bisa Kembali Melenggang

Partainya Diperkirakan Menangi Pemilu Turki

PM Erdogan Bisa Kembali Melenggang
PM Erdogan Bisa Kembali Melenggang
ISTANBUL - Partai yang kini berkuasa di Turki, Partai Keadilan dan Pembangunan atau Adalet ve Kalkinma Partisi (AKP), diperkirakan melenggang dalam pemilihan umum (pemilu) parlemen negara itu kemarin (12/6). Jika itu terjadi, kemenangan tersebut akan membuat pemerintah Turki dapat meneruskan pembangunan ekonomi dan kemajuan diplomasi. Juga, menyusun konstitusi baru yang akan membuat Turki lebih demokratis.

Para analis memperkirakan AKP bakal memenangi periode ketiga pemerintahan dan hanya kehilangan sedikit suara dari para pesaingnya. Perdana Menteri (PM) Recep Tayyip Erdogan, yang memimpin partai itu, bisa kembali berkuasa di Turki.

Sebanyak 15 parpol dan 200 calon independen  bersaing memperebutkan 550 kursi parlemen untuk periode masa jabatan empat tahun. Sejumlah survei sebelumnya mengindikasikan bahwa partai Erdogan unggul dan kemungkinan menang lagi.

Sebanyak 50 juta di antara 73,7 juta warga berhak memberikan suara. Mereka mencoblos lewat sekitar 200 ribu tempat pemungutan suara (TPS) di seantero negeri tersebut.

ISTANBUL - Partai yang kini berkuasa di Turki, Partai Keadilan dan Pembangunan atau Adalet ve Kalkinma Partisi (AKP), diperkirakan melenggang dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News