PM Inggris Bawa 5 Rencana Aksi Global ke G20, Ada soal Rusia

PM Inggris Bawa 5 Rencana Aksi Global ke G20, Ada soal Rusia
Rishi Sunak resmi terpilih sebagai PM Baru Inggris menggantikan Liz Truss-Istimewa-@rishisunakmp (Disway)

jpnn.com, JAKARTA - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak akan menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 di Bali dengan membawa lima rencana ekonomi, beberapa di antaranya sangat berkaitan dengan invasi Rusia ke Ukraina.

"Perdana Menteri Sunak tiba di KTT G20 di Indonesia pada Senin untuk berdiskusi dengan negara-negara ekonomi terbesar dunia," demikian menurut Kedutaan Besar Inggris di Jakarta dalam keterangannya pada Senin.

Para pemimpin anggota G20 pertama kali bertemu pada krisis ekonomi 2008, dan melihat fakta bahwa sistem ekonomi internasional yang kompleks tidak dapat berfungsi tanpa aksi yang terkoordinasi dari negara-negara dengan perekonomian terbesar.

Tahun ini, dunia akan kembali melihat G20 untuk memastikan kestabilan pasar internasional dan meringankan beban masyarakat termiskin dunia.

Menurut Kedubes Inggris, Sunak akan menyuarakan aksi global yang terkoordinasi untuk mengatasi ketidakstabilan perekonomian internasional dan menangani kenaikan biaya hidup pada KTT G20 pekan ini.

"Namun, mengatasi krisis ekonomi terbesar dalam dekade ini memerlukan usaha bersama dari negara dengan perekonomian terbesar dunia – ini bukanlah masalah yang bisa kita atasi sendiri," kata Sunak, seperti disampaikan dalam keterangan tersebut.

Untuk itu, Sunak menetapkan lima rencana ekonomi untuk para pemimpin dunia guna mengatasi ketidakstabilan global, yang meliputi perubahan ke pasar energi global, suplai makanan internasional dan sistem keuangan dunia.

Di bawah lima rencana ekonomi tersebut, Perdana Menteri Inggris akan meminta para anggota G20 untuk melakukan lima hal utama.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak akan menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 di Bali dengan membawa lima rencana

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News