PM Izinkan Aparat Halau Demonstran

Unjuk Rasa di Turki Makin Memanas

PM Izinkan Aparat Halau Demonstran
PM Izinkan Aparat Halau Demonstran
ISTANBUL - Unjuk rasa antipemerintah masih berlanjut di Turki. Kemarin (1/6) aparat yang berjaga di Taksim Square terlibat bentrok dengan para demonstran yang menuntut pemerintah membatalkan rencana pemugaran Gezi Park. Namun, Perdana Menteri (PM) Recep Tayyip Erdogan mengaku tidak akan tunduk pada pengunjuk rasa.

Melalui pidato yang disiarkan stasiun televisi nasional, Erdogan mengimbau para demonstran menghentikan protes yang sudah berlangsung dua hari tersebut. Bahkan, dia mengizinkan aparat menghalau demonstran dengan gas air mata dan meriam air. Pemimpin 59 tahun itu tetap bertahan pada rencananya untuk memugar Gezi Park.

"Saya meminta demonstran berhenti melakukan aksi sesegera mungkin. Kemarin polisi berjaga (di Taksim Square). Hari ini dan besok pun, polisi tetap berada di sana," papar Erdogan.

Pemerintah, lanjut dia, tidak akan membiarkan Taksim Square menjadi arena aksi anarkistis para pengunjuk rasa. Para demonstran antipemerintah sudah menduduki lapangan terbesar Kota Istanbul itu dua hari.

ISTANBUL - Unjuk rasa antipemerintah masih berlanjut di Turki. Kemarin (1/6) aparat yang berjaga di Taksim Square terlibat bentrok dengan para demonstran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News