PM Scott Morrison Bertemu Presiden AS Donald Trump

PM Scott Morrison Bertemu Presiden AS Donald Trump
PM Scott Morrison Bertemu Presiden AS Donald Trump

Perdana Menteri Australia Scott Morrison menggunakan pertemuan pertamanya dengan Presiden AS Donald Trump di sela-sela pertemuan G20 di Buenos Aires, Argentina pada Sabtu (1/12/2018) untuk menjelaskan sistem politik di negaranya yang mengantarkan dirinya ke kursi tertinggi di pemerintahan Australia saat ini.

Dalam sebuah pertemuan yang hanya berlangsung selama lebih dari 20 menit di sela-sela KTT G20, Presiden Donald Trump mengajukan pertanyaan yang digambarkan Morrison sebagai "penyelidikan" tentang bagaimana ia menjadi Perdana Menteri ke-30 setelah satu minggu pergolakan di Partai Liberal Agustus lalu.

"Ini adalah sistem yang asing bagi sistem presidensial dan sudah sangat dipahami ... kami hanya menjalani peristiwa [pergantian kepemimpinan di internal partai pemerintah]," kata Scott Morrison ketika kemudian ditanyai oleh wartawan tentang pertemuan formal pertamanya dengan Presiden Trump.

Dalam dua menit pertemuan terbuka untuk media di Buenos Aires, pernyataan pertama Trump menunjukkan dia masih belum sepenuhnya siap dengan perubahan kepemimpinan di Australia yang sekarang telah mempertemukannya dengan perdana menteri Australia kedua selama dia menjabat sebagai Presiden AS.

"Kami baru saja saling mengenal dan, sejauh ini, sangat baik," adalah prediksi Trump terhadap PM Scott Morrison di awal kata sambutannya dalam pertemuan itu, sebelum menambahkan "Saya pikir ini akan menjadi hubungan yang hebat".

Meski terkesan kurang memahami peristiwa yang terjadi di dalam internal partai Liberal, Presiden Trump menyambut antusias pencapaian Scott Morrison dalam tiga bulan pertamanya menjabat sebagai perdana Menteri.

"Saya tahu Anda telah melakukan pekerjaan fantastis dalam waktu yang sangat singkat," katanya.

"Anda telah melakukan banyak hal yang mereka inginkan dari [di Australia] dan itulah mengapa Anda duduk di sini."

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News