PM Selandia Baru Tangguhkan Kenaikan Gaji Politisi

PM Selandia Baru Tangguhkan Kenaikan Gaji Politisi
PM Selandia Baru Tangguhkan Kenaikan Gaji Politisi

Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern mengumumkan pembekuan gaji selama 12 bulan bagi para politisi di negaranya, dengan mengatakan mereka sudah digaji dengan cukup baik.

Anggota parlemen Selandia Baru dijadwalkan akan menerima kenaikan gaji sebesar 3 persen terhitung sejak bulan Juli lalu yang akan dibayarkan pada bulan September mendatang, sebagaimana telah direkomendasikan oleh Otoritas Remunerasi Independen, tetapi PM Jacinda Ardern mengatakan dia akan memperkenalkan sejumlah undang-undang untuk mencegah kenaikan gaji ini bisa diloloskan.

Kenaikan ini akan membuat Jacinda Ardern mengantongi tambahan gaji sebesar  $NZ14,131.47 ($ AU12,810) atau setara Rp136 juta per tahun lebih besar dari gajinya saat ini sebesar $ 427.072 atau setara Rp 4,5 Triliun.

kenaikan gaji ini juga akan menjadikan rekan-rekannya di kabinet mendapatkan kenaikan gaji sebesar  $8,046 lebih (Rp85 juta), serta $ 4,456 atau Rp 47 juta untuk rata-rata backbencher.

"Kami tidak percaya kami akan menerima kenaikan gaji semacam ini, mengingat kami sekarang telah berada di batas atas skala gaji," kata Jacinda Arden.

"Karena kami, tentu saja, sudah mendapatkan penghasilan yang  tinggi ... salah satu hal yang kami coba jembatani sebagai pemerintah adalah kenyataan bahwa kami melihat kenaikan ini sudah berada di ujung skala gaji itu, tanpa kenaikan yang sama pada akhir skala dimana mayoritas gaji masyarakat Selandia Baru berada. "

PM Jacinda Ardern mengatakan formula yang saat ini digunakan oleh Otoritas Remunerasi - yang tidak dapat dikendalikan oleh badan independen - "tidak dapat diterima".

"Sekarang, langkah ini memang tidak dapat menghemat banyak uang dalam skema berbagai hal, tetapi yang pasti ini kami yakini akan mengirim  sebuah sinyal kuat tentang nilai-nilai dari pemerintah kami, apa yang kami perjuangkan, dan tekad kami tentu saja untuk memastikan bahwa ekonomi bekerja untuk semua orang, "katanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News