PM Turnbull Batalkan Usulan Kebijakan Energi Karena Tekanan Politik Untuk Jabatannya

PM Turnbull Batalkan Usulan Kebijakan Energi Karena Tekanan Politik Untuk Jabatannya
PM Turnbull Batalkan Usulan Kebijakan Energi Karena Tekanan Politik Untuk Jabatannya

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull sedang menghadapi tekanan berat atas kepemimpinannya, dan sekarang memutuskan tidak akan mengusulkan UU mengenai target pengurangan emisi rumah kaca.

Sebelum ini pemerintah bermaksud mengusulkan apa yang disebut National Energy Guarantee (NEG) dengan mengurangi target pengurangan emisi rumah kaca, sesuai dengan kesepakatan Paris.

Namun NEG itu mendapat tentangan dari sekelompok politisi dari partainya sendiri yang dipimpin oleh mantan perdana menteri Tony Abbott.

Untuk mengurangi ketegangan di dalam partainya, hari Senin (20/8/2018) PM Turnbull memutuskan untuk tidak mengusulkan NEG ke parlemen untuk dibicarakan.

PM Turnbull Batalkan Usulan Kebijakan Energi Karena Tekanan Politik Untuk Jabatannya Video: Malcolm Turnbull says he retains the confidence of Cabinet and party room (ABC News)

Dia mengatakan bahwa jelas sekali sekarang ini tidak cukup adanya dukungan bagi RUU untuk diloloskan ke parlemen, karena beberapa anggota parlemen dari partainya sendiri akan memberikan suara menentang.

"Dalam politik kita harus memfokuskan diri pada apa yang bisa kita loloskan, dan itulah yang kami lakukan." kata Turnbull.

Dalam Rancangan NEG itu pada awalnya pemerintah bermaksud mengurangi emisi di sektor listrik sebesar 26 persen, yang menurut penentangnya tidak akan cukup untuk memenuhi target Perjanjian Paris yang menginginkan penurunan total emisi sebanyak 26 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News