PM Swedia Kecam Pembakaran Al-Qur'an dan Bersimpati kepada Muslim, tetapi

PM Swedia Kecam Pembakaran Al-Qur'an dan Bersimpati kepada Muslim, tetapi
Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson menyampaikan simpatinya kepada muslim di seluruh dunia yang tersakiti pembakaran Al-Qur'an di Stockholm baru-baru ini. Foto: FREDERICK FLORIN / AFP

jpnn.com, STOCKHOLM - Swedia mengkritik pembakaran Al-Qur'an oleh ekstremis sayap kanan Swedia-Denmark di Stockholm, tetapi mempertahankan keputusannya untuk mengizinkan aksi tersebut berlangsung.

Dalam unggahan di Twitter pada Sabtu lalu, Perdana Menteri Ulf Kristersson berkata, “Kebebasan berekspresi adalah hal mendasar dalam demokrasi. Namun, apa yang sesuai hukum belum tentu patut.”

“Membakar kitab yang dianggap suci bagi banyak orang adalah tindakan yang sangat kasar. Saya ingin menyatakan simpati kepada semua Muslim yang merasa terhina oleh apa yang terjadi di Stockholm,” ujar Ulf.

Hal senada dikatakan oleh Menteri Luar Negeri Tobias Billstrom.

“Provokasi Islamofobia sangat mengerikan. Swedia memiliki kebebasan berpendapat yang luas, tetapi itu tidak berarti bahwa Pemerintah Swedia, atau saya sendiri, mendukung pendapat yang diungkapkan.”

Pemimpin sayap kanan Stram Kurs (Garis Keras) Denmark mendapat izin dari pemerintah Swedia untuk membakar Al-Qur'an di depan Kedutaan Besar Turki di Stockholm pada Sabtu.

Merespons izin Swedia tersebut, Ankara membatalkan kunjungan Menteri Pertahanan Swedia Pal Johnson ke Turki.

Negara-negara berpenduduk mayoritas muslim, termasuk Indonesia, juga mengecam aksi tersebut. (ant/dil/jpnn)

Ekstremis sayap kanan mendapat izin mendapat izin dari pemerintah Swedia untuk membakar Al-Qur'an di depan Kedutaan Besar Turki di Stockholm


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News