PM Turnbull Dituding Permalukan Tetua Aborijin

PM Turnbull Dituding Permalukan Tetua Aborijin
PM Turnbull Dituding Permalukan Tetua Aborijin

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull dituding mempermalukan para pemimpin Aborijin karena menolak desakan digelarnya referendum untuk membentuk badan perwakilan Aborijin di Parlemen.

Muncul optimisme dan dukungan luas terhadap gagasan pembentukan badan penasihat masyarakat pribumi/Aborijin dalam konstitusi Australia di antara ribuan warga Australia yang menghadiri salah satu pertemuan pribumi paling penting, Festival Garma tahunan di Arnhem Land, wilayah utara Australia (NT) akhir pekan ini.

"Saya tidak yakin usulan ini akan lolos pada referendum dan itu bukan kebijakan yang akan saya dukung" kata PM Turnbull kepada ABC.

Galarrwuy Yunupingu, seorang pemimpin adat mengatakan kepada orang banyak di festival itu bahwa penting bagi orang-orang Aborijin untuk diakui hak kami secara konstitusi,”

PM Turnbull permalukan tetua Aborijin

Sementara itu peunulis Australia, Richard Flanagan, mengatakan Perdana Menteri Turnbull telah "mempermalukan para pemimpin Aborijin dan menyia-nyiakan kesempatan rekonsiliasi.

Dalam pidatonya di Festival Garma, pemenang hadiah Man Booker itu mengatakan bahwa pemerintah Australia tidak memiliki keberanian dan belas kasihan.

PM Turnbull Dituding Permalukan Tetua Aborijin Photo: Galarrwuy Yunupingu mengatakan penting bagi warga Australia diakui haknya didalam konstitusi. (ABC News: Owain Stia-James)

"Pernyataan Uluru adalah sebuah momen bersejarah bagi bangsa kita, dengan pemerintah Turnbull menolaknya berarti  PM Turnbull memilih untuk menulisnya diluar sejarah kita," katanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News