PMI Siagakan Empat Ambulans Udara

Antisipasi Kecelakaan di Arus Mudik

PMI Siagakan Empat Ambulans Udara
PMI Siagakan Empat Ambulans Udara
JAKARTA  - Palang Merah Indonesia (PMI) menyiapkan empat ambulans udara berupa helicopter untuk siaga di pos pertolongan pertama (PP). Helikopter akan stanby selama lima hari di pos PP Cikoko, Bogor untuk mengevakuasi korban kecelakaan yang terjadi di sepanjang jalan tol.

Ketua umum PMI Jusuf Kalla mengatakan, puluhan juta orang akan bergerak mudik dari kota besar ke desa memanfaatkan fasilitas jalan tol untuk mempercepat perjalanan. "Tapi kalau semua menumpuk di jalur tol, tetap akan macet," katanya.

  

Pria yang akrab disapa JK itu mengungkapkan, bila terjadi kecelakaan di jalur tol, mobil ambulans akan kesulitan untuk mengevakuasi korban melalui jalan darat. "Jangankan membantu. Berjalan ke lokasi kecelakaan saja sudah sulit dijangkau," tuturnya.

Untuk itu, kata JK, tahun ini PMI mulai mengerahkan empat helicopternya selama lima hari. Yakni tiga hari sebelum lebaran dan dua hari setelah lebaran untuk membantu evakuasi kecelakaan di jalur tol yang ditentukan. Yakni rute jalur tol Jakarta-Merak, Jakarta-Cikampek, Jakarta-Ciawi, dan Jakarta-Cilenyi.

JAKARTA  - Palang Merah Indonesia (PMI) menyiapkan empat ambulans udara berupa helicopter untuk siaga di pos pertolongan pertama (PP). Helikopter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News