PNM Salurkan Pembiayaan Untuk 2.800 Petani Sawit

PNM Salurkan Pembiayaan Untuk 2.800 Petani Sawit
PNM Salurkan Pembiayaan Untuk 2.800 Petani Sawit

jpnn.com - JAKARTA – PT Permodalan Nasional Madani (PMN) menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 4,85 miliar pada Koperasi Unit Desa (KUD) Sungai Aur I di Padang, yang beranggotakan 2.800 petani sawit.

EVP PT PNM, Bambang Siswaji berharap, kerjasama ini bisa memperkuat usaha koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar.

“Apalagi, KUD Sungai Aur I merupakan koperasi produktif berorientasi ekspor. Kami berkomitmen untuk terus menjalin kerjasama bisnis kemitraan dengan koperasi sesuai dengan komitmen pendirian BUMN ini,” ucap Bambang di Jakarta, Selasa (8/10).

Lebih lanjut Bambang jelaskan bahwa penyaluran pembiayaan ini menggunakan dana dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Impor (LPEI) dengan produk PMK3 Madani. "Dana itu akan digunakan oleh KUD untuk pembelian pupuk lahan perkebunan Sawit KUD Sungai Aur I," terangnya.

Sampai saat ini, kata Bambang, PNM telah memperoleh dana sebesar Rp 200 miliar dari LPEI dan berpotensi ditingkatkan hingga Rp 500 miliar. Pembiayaan ini dilakukan dengan pola kerjasama perjanjian tiga pihak, yaitu PT PNM, KUD Sungai Aur I, dan PT Bakrie Pasaman Plantations (BPP) Tbk.

Nantinya, sawit hasil KUD Sungai Aur I akan dijual kepada PT BPP Tbk yang selama ini memasok sekitar 78 persen dari total pasokan sawit korporasi tersebut, sebagai salah satu plasma binaan.

Pengikatan perjanjian untuk pembiayaan ini telah dilaksanakan pekan lalu yang dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Pasaman Barat, Camat Sungai Aur, Wali Nagari Sungai Aur, Pemuka Masyarakat Sungai Aur, Pengurus dan Pengawas serta anggota KUD Sungai Aur I.

Sejak tahun 2000, PNM Cabang Padang telah menyalurkan pembiayaan kepada lebih dari 90 lembaga keuangan mikro (LKM) berupa bank perkreditan rakyat (BPR), BPR Syariah, dan koperasi. Pembiayaan tersebut melingkupi wilayah Sumatera Barat, Jambi, dan Bengkulu. (chi/jpnn)


JAKARTA – PT Permodalan Nasional Madani (PMN) menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 4,85 miliar pada Koperasi Unit Desa (KUD) Sungai Aur I di Padang,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News