Pohon Natal dari Kulit Kerang di Sorong Papua Raih Rekor MURI

Pohon Natal dari Kulit Kerang di Sorong Papua Raih Rekor MURI
Pembuatan pohon Natal dengan bahan baku kulit kerang sebanyak 16.000 keping itu dikerjakan selama 12 hari dengan melibatkan pemuda gereja, majelis jemaat, pengasuh dan anak sekolah minggu serta TNI AD dan Pemprov Papua Barat Daya menorehkan rekor MURI sebagai pohon Natal hiasan kulit kerang pertama dan terbanyak di Indonesia. FOTO: ANTARA/Olha Mulalinda

jpnn.com, SORONG - Pohon Natal di Sorong, Papua, yang terbuat dari 16.000 keping kulit kerang meraih rekor MURI sebagai pohon Natal hiasan kulit kerang pertama dan terbanyak di Indonesia.

Penyerahan rekor tersebut dilaksanakan saat peluncuran Prima TNI “Mutiara Papua” Kogabwilhan III tahun 2023 bertempat di Pulau Doom Kota Sorong Provinsi Papua Barat Daya, Rabu (13/12/2023).

"Sangat menarik karena ini dibuat selama 12 hari oleh Persekutuan Pemuda Doom yang memanfaatkan kulit kerang, kerajinan cangkang kerang ini merupakan salah satu kegiatan positif yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir Papua Barat Daya,” kata Pangkogabwilhan III Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon beserta rombongan didampingi Danrem 181/PVT Brigjen TNI Totok Sutriono.

Lebih lanjut Richard mengatakan, rekor tersebut lahir dari acara yang dilakukan dari menindaklanjuti Program Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang ingin menjadikan TNI Prima, yakni singkatan dari Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif.

Richard dalam sambutannya menjelaskan bahwa Prima TNI “Mutiara Papua” adalah salah satu program unggulan Kogabwilhan III yang berjalan dengan berbagai kegiatan guna mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Papua, untuk mengatasi kesulitan dan mendorong peningkatan kesejahteraan.

“Sesuai visi dan misi bapak Panglima TNI yakni “Prima TNI” maka Kogabwilhan III menjabarkan dengan program Mutiara Papua “pelindung dan perekat bangsa” dengan menabur kebaikan menuai masa depan yang berarti bahwa kehadiran TNI harus menjadi pelindung dan pemersatu seluruh komponen bangsa di seluruh Provinsi Papua,” tegasnya.

Dengan tema, "melalui kegiatan pengembangan kapasitas (capacity building), bakti sosial dan ketahanan pangan, Kogabwilhan III bersama seluruh elemen masyarakat untuk melangkah bersama kami Papua aman, damai dan sejahtera menuju indonesia maju,” bebernya.

“Kegiatan yang kita laksanakan meliputi bidang pendidikan untuk meningkatkan Capability Bulding para remaja dan anak melalui pemberian bantuan diantaranya laptop dan komputer, serta pemberian bantuan pendidikan dan beberapa bantuan lainnya seperti pemberian makanan tambahan kepada anak didik sekolah minggu, mesin air, tandon air serta perlengkapan hidroponik."

Pohon Natal di Sorong, Papua, yang terbuat dari 16.000 keping kulit kerang meraih rekor MURI sebagai pohon Natal hiasan kulit kerang pertama dan terbanyak di RI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News