Pohon Natal Raksasa dari Botol Plastik Menyala Terang di Lebanon

Pohon Natal Raksasa dari Botol Plastik Menyala Terang di Lebanon
Pohon Natal raksasa yang dibuat dari botol plastik di Chekka, Lebanon utara. Kota Chekka menyalakan pohon Natal yang dibuat dari botol plastik pada Senin (16/12).

jpnn.com, CHEKKA - Kota Chekka di Lebanon pada Senin (16/12) menyalakan sebuah pohon Natal yang diperkirakan akan memecahkan Rekor Dunia Guinness sebagai pohon Natal terbesar dari botol plastik.

Pohon Natal setinggi 28,5 meter itu dibuat dari 129.000 botol plastik bekas dalam waktu 20 hari dengan bantuan para penduduk desa serta anggota pramuka setempat. Sebelumnya, botol-botol plastik ini dikumpulkan selama sekitar delapan bulan lewat bantuan jejaring media sosial.

"Saya sangat senang saat pertama kali memulai proyek ini karena memiliki tujuan untuk menyampaikan pesan tentang pentingnya melestarikan lingkungan dengan menyelamatkannya dari botol plastik sebanyak ini," ujar Caroline Chabtini, pencetus proyek tersebut, kepada Xinhua.

Chabtini menuturkan bahwa dirinya menggunakan media sosial untuk meminta orang-orang tidak membuang botol plastik mereka. Di luar dugaan, lebih dari 129.000 botol plastik berhasil terkumpul, jauh melampaui jumlah yang dibutuhkan untuk memecahkan rekor Meksiko.

Pada 2018, Meksiko memecahkan Rekor Dunia Guinness untuk pohon Natal terbesar dari botol plastik yang dibangun menggunakan 98.000 botol plastik bekas dengan bobot total 22 ton. Proyek tersebut merupakan bagian dari kampanye peduli lingkungan yang digagas Pemerintah Negara Bagian Aguascalientes, Meksiko.

Menurut Chabtini, pohon Natal itu akan tetap berdiri selama satu setengah bulan, sebelum botol-botol plastik itu nantinya dikirim ke pabrik daur ulang di Amioun, Lebanon utara.

"Rekor Dunia Guinness meminta saya mengirimkan bukti untuk memecahkan rekor sebelumnya," ungkapnya.

Para pendukung Chabtini menyampaikan antusiasme mereka terhadap proyek baru tersebut dan tujuan pembuatannya.

Kota Chekka di Lebanon pada Senin (16/12) menyalakan sebuah pohon Natal yang diperkirakan akan memecahkan Rekor Dunia Guinness sebagai pohon Natal terbesar dari botol plastik.

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News