Polda Riau Menginisiasi Deklarasi Pemilu Damai, Begini Seruan Irjen Iqbal

Polda Riau Menginisiasi Deklarasi Pemilu Damai, Begini Seruan Irjen Iqbal
Deklarasi Damai Pemilu 2024, itu dilaksanakan Polda Riau di Pekanbaru, Senin (28/9). Foto:Bidhumas Polda Riau.

jpnn.com, PEKANBARU - Polda Riau mengumpulkan 18 partai politik (Parpol) dalam acara Deklarasi Pemilu 2024 Damai di Pekanbaru pada Senin (28/9).

Deklarasi diikuti pengurus parpol peserta pemilu 2024, yakni PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora, PKS, Partai Kebangkitan Nusantara, Hanura, Garuda, PAN, PPP, Demokrat, PSI, Perindo, PPP, dan Partai Ummat.

Hadir juga Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal, Gubernur Syamsuar, Ketua KPU Ilham Muhammad Yasir, Ketua Bawaslu Alnoffrizal, hingga pejabat lainnya dari seluruh kabupaten dan kota.

Kemudian, kegiatan itu juga dihadiri berbagai elemen masyarakat, dari para tokoh adat maupun agama, serta sejumlah organisasi dari sukarelawan, OKP, mahasiswa, serta insan pers yang ada di Riau.

Dalam kegiatan itu, seluruh peserta sepakat mengucapkan deklarasi tentang pemilu yang bersih, aman, damai, kondusif, dan berintegritas.

Pembacaan deklarasi bersama itu dipimpin oleh Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal.

Isi Deklarasi Pemilu Damai 2024 oleh Peserta Pemilu 2024 di Riau;

  1. Akan melaksanakan Pemilu tahun 2024, yang damai dan kondusif untuk memujudkan demokrasi yang bermartabat
  2. Akan mematuhi dan menaati segala bentuk peraturan dan ketentuan yang berlaku, serta menyelesaikan permasalahan Pemilu tahun 2024 sesuai dengan koridor hukum
  3. Menolak upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat, dan menghindari kegiatan provokatif, menghasut, ujaran kebencian, serta tak gunakan isu SARA dalam pelaksanaan Pemilu 2024
  4. Akan ciptakan situasi dan kondisi tetap kondusif di wilayah hukum Polda Riau.

Gubernur Syamsuar mengatakan deklarasi bertema Pemilu yang bersih, aman, damai, kondusif, dan berintegritas itu diinisiasi oleh Polda Riau.

Dia berharap kegiatan itu benar-benar mampu menciptakan suasana yang kondusif di kalangan para pendukung maupun peserta pemilu.

Polda Riau kumpulkan 18 parpol peserta Pemilu 2024 dalam deklarasi pemilu damai. Mereka berkomitmen menjalankan demokrasi bermartabat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News