Polemik Rencana Penempatan Perwira TNI di Jabatan Sipil

Polemik Rencana Penempatan Perwira TNI di Jabatan Sipil
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada acara Apel Khusus di Lapangan Merah Mako Korpaskhas, Bandung, Jawa Barat, Jumat (18/1/2019). Foto: Puspen TNI

jpnn.com, JAKARTA - Rencana menugaskan perwira TNI aktif di kementerian dan lembaga pemerintah mendapat penolakan dari sejumlah organisasi masyarakat sipil. Pasalnya, ketentuan tersebut dinilai bertentangan dengan semangat profesionalisme TNI yang menjadi cita-cita pasca reformasi.

Kepala Divisi Pembelaan HAM KontraS Arif Nur Fikri menyampaikan bahwa pasal 2 UU TNI secaa tegas menjadikan profesionalisme TNI sebagai agenda prioritas yang harus dicapai.

Oleh karenanya, dalam Pasal 47 ayat 2, keterlibatan perwira TNI aktif dibatasi pada kemanterian dan lembaga yang berkaitan dengan keamanan negara.

Pembatasan didasarkan pada asas efektivitas, di mana aspek kemampuan dan pemahaman menjadi pertimbangan penempatan sebuah jabatan. Arif menilai, jika posisi di kementerian hanya digunakan untuk menampung perwira yang non-job, maka bertentangan dengan asas efektivitas pemerintahan.

”Jangan sampai efektivitas tersebut tidak ada dan hanya dijadikan tempat untuk menunggu waktu penempatan bagi para perwira yang pada akhirnya nanti malah 'magabut',” ujarnya kepada Jawa Pos. Selain itu, dengan menempati jabatan sipil, TNI juga dapat mencampuri kebijakan sipil.

Lebih jauh lagi, lanjutnya, langkah tersebut bisa menujukkan adanya pelemahan sipil dalam proses tata kelola pemerintahan. ”Dengan menggoda TNI untuk masuk dan menduduki jabatan sipil,” imbuhnya.

Imbasnya, jenjang karir bagi pegawai sipil di lembaga atau kementerian yang diisi para perwira ikut terhambat.

Terkait persoalan banyaknya perwira yang non-job, Arif menilai ada yang salah dalam proses manajemen internal di Institusi TNI. Khususnya terkait dengan promosi dan kepangkatan. Oleh karenanya, dia mendesak TNI untuk membenahi persoalan internal dibanding mengambil jabatan sipil.

Rencana menempatkan perwira TNI aktif di jabatan kementerian alias jabatan sipil, menuai polemik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News