JPNN.com

Polisi Australia Dituduh Intimidasi, Ini yang Mereka Cari di Kantor ABC

Jumat, 07 Juni 2019 – 12:00 WIB Polisi Australia Dituduh Intimidasi, Ini yang Mereka Cari di Kantor ABC - JPNN.com

Tindakan Kepolisian Federal Australia (AFP) pekan ini menggeledah kantor ABC di Sydney, serta rumah seorang jurnalis terkait pemberitaan, terus menuai kecaman. Pemimpin ABC menyebut tindakan itu sebagai intimidasi.

Penggeledahan Kantor ABC:

  • Polisi menggeledah kantor lembaga penyiaran publik ABC di Sydney
  • Polisi mencari dokumen terkait pemberitaan ABC mengenai tuduhan pembunuhan warga sipil di Afghanistan oleh pasukan elit Australia
  • Polisi juga menggeledah rumah jurnalis News Corp, untuk kasus pemberitaan terpisah

"Dalam pembicaraan saya dengan Menteri Komunikasi, Keamanan Siber dan Seni, Paul Fletcher kemarin, saya menyatakan penggeledahan itu dalam bentuknya dan tujuan informasi yang ingin dicari, jelas-jelas didesain untuk mengintimidasi," ujar Chair ABC Ita Buttrose, Jumat (7/6/2019).

Ita Buttrose yang belum lama dipilih memimpin ABC juga meminta jaminan kepada Menteri Fletcher agar tidak ada lagi penggeledahan terhadap kantor ABC. Namun menteri tersebut menolak memberi jaminan.

Sebagai Chair ABC dia menegaskan akan melawan segala upaya memberangus lembaga penyiaran nasional serta upaya mengganggu tanggung jawab ABC terhadap rakyat Australia.

Petugas AFP bersama tenaga TI mendatangi kantor ABC di Sydney hari Rabu (5/6/2019) berbekal surat perintah pengadilan untuk mencari bukti-bukti terkait pemberitaan Afghan Files.

Pemberitaan itu disiarkan tahun 2017 oleh ABC, mengutip bocoran dokumen Departemen Pertahanan, menyoroti tuduhan kejahatan perang yang dilakukan tentara Australia di Afghanistan.

Surat perintah pengadilan itu memberi kewenangan luas kepada AFP untuk melihat, menyita, mengedit atau menghancurkan setiap dokumen yang dianggap relevan.

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...