Polisi Bongkar Penyelundupan Senpi ke Nabire, Kombes Driyano: Pembelinya Diduga Anggota OPM

Polisi Bongkar Penyelundupan Senpi ke Nabire, Kombes Driyano: Pembelinya Diduga Anggota OPM
Kapolresta Pulau Ambon dan PP Lease Kombes Driyano Andri Ibrahim, SH SIk memberikan keterangan pers terkait kasus penyelundupan senpi rakitan laras panjang ke Nabire (Papua Tengah), di Ambon, Jumat (17/11). ANTARA/HO-Polresta Ambon dan PP Lease

jpnn.com, AMBON - Polisi berhasil mengungkap penyelundupan senjata api (senpi) rakitan laras panjang dan amunisi di Pulau Ambon dan PP Lease.

Seorang tersangka berinisial JL juga diamankan petugas saat pengungkapan kasus tersebut.

Kapolresta Pulau Ambon dan PP Lease Kombes Driyano Andri Ibrahim mengatakan senjata itu rencananya akan dibeli oleh seseorang di Nabire yang diduga anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Sesuai pengakuan tersangka JL di hadapan penyidik Polsek KPYS Ambon, dia mengakui calon pembelinya dipanggil 'Manis', tetapi nama asli yang bersangkutan tidak diketahui JL," kata Driyano di Ambon, Jumat.

Sesuai penuturan tersangka JL, kata Driyono, harga pembelian senpi rakitan laras panjang ini juga cukup mahal, yakni satu pucuk mencapai Rp 100 juta dan amunisi jenis SS1 kaliber 5,56 Mm seharga Rp 100.000 per butir.

Kapolresta mengatakan tersangka JL awalnya ditangkap personel gabungan yang melakukan tugas rutin pengamanan kapal Pelni KM. Sirimau pada Senin, (13/11) 2023 di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon sekitar pukul 00:10 WIT.

Pelaku JL alias Jery diamankan personel gabungan yang sementara melakukan tugas rutin pengamanan kapal, antara lain Kapolsek KPYS bersama personel, anggota Marinir Lantamal IX Ambon, anggota Denintel Korem 151/Binaya, Kodam XVI/Pattimura dan petugas KSOP Klas 1 Ambon.

"Tugas rutin pengamanan personel gabungan ini dilakukan pada saat KM Sirimau sementara melakukan embarkasi penumpang dan barang di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon," ujarnya.

Polisi berhasil mengungkap penyelundupan senjata api (senpi) rakitan laras panjang dan amunisi di Pulau Ambon dan PP Lease.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News