Polisi Datangi Penambang Timah Ilegal, Ini yang Terjadi

Polisi Datangi Penambang Timah Ilegal, Ini yang Terjadi
Tim gabungan di Kabupaten Bangka Barat melakukan penertiban aktivitas tambang liar biji timah di perairan Pantai Tembelok, Kecamatan Mentok, Bangka Barat, Minggu (17/9/2023). ANTARA/HO-Humas Polres Bangka Barat.

jpnn.com, BANGKA BARAT - Polisi dari Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menertibkan aktivitas tambang biji timah ilegal di kawasan Pantai Tembelok, Kecamatan Mentok, karena tidak memiliki izin operasi.

Penertiban dilakukan tim gabungan TNI dan Polri sebagai bentuk keseriusan aparat dalam menjalankan aturan yang berlaku.

"Sebagai upaya mencegah kemungkinan terjadinya gangguan kamtibmas," kata Kepala Satuan Polairud Polres Bangka Barat Iptu Yudi Lasmono di Mentok, Minggu (17/9).

Tim gabungan yang terlibat dalam penertiban aktivitas tambang timah ilegal tersebut berasal dari Satuan Polairud Polres Bangka Barat, Korlap Pos Patroli UPLB Wilayah Mentok, personel KP XXVIII-2005 Direktorat Polairud Polda Babel.

Dalam operasi itu, tim gabungan melaksanakan kegiatan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat dengan tindakan preemtif, preventif, dan penegakan hukum terkait aktivitas penambangan dengan menggunakan alat tambang berupa kapal ponton isap produksi.

"Aktivitas itu tidak memiliki izin atau ilegal, sehingga perlu ditertibkan," ucapnya.

Ketika mendatangi para penambang timah ilegal itu, aparat masih meminta mereka segera mengosongkan perairan Tembelok.

Apabila tidak mematuhi peringatan tersebut maka Satuan Polairud Polres Bangka Barat akan melakukan tindakan tegas dan terukur.

Para penambang timah ilegal perairan Bangka Barat didatangi polisi bersama TNI. Ini yang terjadi saat ooperasi berlangsung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News