Polisi Hong Kong Bersiap Hadapi Kedatangan Orang Nomor 1 di China

Polisi Hong Kong Bersiap Hadapi Kedatangan Orang Nomor 1 di China
Presiden Tiongkok Xi Jinping. Foto: Reuters

jpnn.com, BEIJING - Kepolisian Hong Kong (HKSAR) bersiap menghadapi rencana kedatangan Presiden China Xi Jinping.

Orang nomor 1 di China itu ingin memperingati 25 tahun kembalinya Hong Kong ke China sekaligus pelantikan jajaran pejabat baru HKSAR pada Jumat (1/7).

"Kepolisian akan mengambil berbagai tindakan yang sesuai untuk memastikan seluruh operasi keamanan dilakukan dengan cara yang aman dan tertib," demikian juru bicara Kepolisian HKSAR di laman resminya, Rabu.

Tindakan-tindakan yang dilakukan mengarah penutupan jalan dan pengalihan arus lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki.

"Kami memohon pengertian masyarakat dan dukungannya agar mematuhi instruksi dari petugas polisi. Humas polisi juga akan menyampaikan kepada masyarakat lokal mengenai dampak pengalihan arus lalu lintas," demikian laman resmi Kepolisian HKSAR.

Situasi lalu lintas di kawasan Admiralty dan Wan Chai North bakal terdampak pengalihan arus tersebut selama acara berlangsung.

"Pengendara motor disarankan menghindari kawasan itu. Jikalau sangat mendesak untuk bepergian ke kawasan itu, disarankan mengatur rencana sebelumnya, bersabar, dan mengikuti arahan petugas kepolisian di lokasi," demikian laman tersebut.

Semua tamu yang diundang pada upacara peringatan 25 tahun reunifikasi Hong Kong dengan China dan pelantikan pemimpin HKSAR akan diatur melalui mekanisme lingkaran tertutup (close loop) dan wajib menjalani tes PCR.

Polisi Hong Kong Bersiap menghadapi kedatangan Presiden China Xi Jinping untuk agenda ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News