Polisi Temukan Foto Ini di HP Aktivis Khilafatul Muslimin Cirebon Raya

Polisi Temukan Foto Ini di HP Aktivis Khilafatul Muslimin Cirebon Raya
Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol M Iqbal Alqudusy. Ilustrasi Foto: Dok Humas Polda Jateng

jpnn.com, BREBES - Penyidik Polres Brebes, Jawa Tengah menetapkan AJ selaku amir atau pemimpin Khilafatul Muslimin Cirebon Raya sebagai tersangka.

Pemimpin Khilafatul Muslimin daerah itu dijadikan tersangka setelah kelompok itu melakukan konvoi kendaraan roda dua dengan menyebarkan brosur berupa maklumat serta nasihat dan imbauan diduga memuat berita bohong berpotensi makar.

Menurut Kabid Humas Polda Jateng Kombes M Iqbal Alqudusy, penetapan AJ sebagai tersangka merupakan pengembangan dari keterangan tiga aktivis Khilafatul Muslimin setempat.

"Penetapan tersangka baru ini merupakan hasil pengembangan dari keterangan yang diberikan tiga aktivis Khilafatul Muslimin yang terlebih dulu ditetapkan sebagai tersangka, yaitu GZ, AS dan DS," kata Kombes Iqbal dalam keterangan tertulis di pada Jumat (10/6).

Sementara itu, Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto menyebut tersangka AJ dinilai terbukti menyuruh kelompoknya melakukan konvoi bersepeda motor beberapa waktu lalu.

"Dia terbukti memerintahkan melakukan kegiatan konvoi kendaraan roda dua yang dilakukan jemaah Khilafatul Muslimin di Kabupaten Brebes dengan cara mengumpulkan para Ummul Quro di Toko Istana Busana tempat Saudara AS," tuturnya.

Dia menyebut kelompok Khilafatul Muslimin tidak hanya konvoi, tetapi juga menyebarkan brosur berupa maklumat serta nasihat dan imbauan yang diduga memuat berita bohong atau belum pasti yang menyebabkan keonaran di masyarakat, serta berpotensi makar.

AKBP Faisal juga membeberkan sejumlah barang bukti yang disita polisi, seperti sebuah handphone milik AJ, sebuah screenshot foto kegiatan pada 26 Mei 2022 ari tersangka AS.

AJ selaku pemimpin Khilafatul Muslimin Cirebon Raya ditetapkan sebagai tersangka. Polisi juga menemukan foto ini di HP milik AS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News