Politik Pasca-2014 Masih Dipengaruhi Cikeas

Politik Pasca-2014 Masih Dipengaruhi Cikeas
Politik Pasca-2014 Masih Dipengaruhi Cikeas
JAKARTA - Meski Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah menegaskan bahwa dirinya, istri ataupun anak tak akan maju pada Pemilihan Presiden 2014 mendatang, namun SBY dipastikan masih akan berpengaruh pada format politik Indonesia pasca-2014. Posisi SBY yang memegang kendali Partai Demokrat (PD), jelas akan berpengaruh pada jagad politik nasional.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Andrinof Chaniago, menyatakan, cara pandang masyarakat luas terhadap SBY diperkirakan tidak akan banyak berubah. Menurut Andrinof, meski PD tengah dihantam dengan beragam isu namun selagi SBY berperan di publik maka ketua Dewan Pembina PD itu masih punya dukungan luas.

"Dan yang harus diingat, Demokrat adalah partai keluarga. Urusan bisa diselesaikan di ruang kerja di Cikeas. Jadi jangan salah dengan Demokrat, ini didirikan oleh keluarga yang mengajak orang lain untuk meramaikan," ujar Andrinof dalam diskusi Publik bertema Tantangan “Tantangan Politik Indonesia Pasca-2014" di Jakarta, Minggu (12/6).

Namun soal seberapa kuat dukungan publik terhadap SBY, Andrinof mengatakan bahwa hal itu juga akan tergantung pada kebijakan-kebijakan SBY dalam menjalankan roda pemerintahan. Jika Pemerintahan SBY saat ini berhasil, lanjut Andrinof, tentu masyarakat akan memberikan dukungan dan tidak mudah dirayu dengan paradigma tandingan.

JAKARTA - Meski Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah menegaskan bahwa dirinya, istri ataupun anak tak akan maju pada Pemilihan Presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News