Politik Uang Kejahatan Pemilu, Bukan Cuma Pelanggaran

Politik Uang Kejahatan Pemilu, Bukan Cuma Pelanggaran
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyusun 'Peta Jalan Politik Uang Dalam Pemilihan Umum'. Penyusunan dilakukan karena Bawaslu menyadari potensi terjadinya praktik politik uang dalam pelaksanaan Pilkada 2017 yang digelar serentak di 101 daerah, masih kuat terjadi.

"‎Pilkada besok masih ada potensi politik uang. Karena itu kami sudah menyusun hasil riset yang dinamakan 'Peta Jalan Politik Uang Dalam Pemilihan Umum'," ujar Ketua Bawaslu Muhammad pada diskusi publik yang digelar di kantor Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (6/2).

Menurut Muhammad, praktik politik uang perlu benar-benar menjadi perhatian semua pihak. Karena bukan lagi sekadar pelanggaran pemilu.

Namun telah menjadi kejahatan pemilu yang sangat serius. Karena telah merampas hak dan harga diri warga negara.

"Kita (Indonesia,red) harus segera keluar dari problem dan kubangan yang sangat membahayakan dan tidak baik ini, dan mencari upaya terobosan. Sehingga bisa melakukan deteksi dini," ucap Muhammad.

‎Menurut Muhammad, 'Peta Jalan Politik Uang Dalam Pemilihan Umum'‎ disusun berdasarkan riset yang mendalam. Sehingga dapat dipertanggungjawabkan kepada publik.


 Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyusun 'Peta Jalan Politik Uang Dalam Pemilihan Umum'. Penyusunan dilakukan karena Bawaslu menyadari potensi


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News