Politikus PAN: Jadi DK PBB Penting bagi Eksistensi Indonesia

Politikus PAN: Jadi DK PBB Penting bagi Eksistensi Indonesia
Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengapresiasi masuknya Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa.

Menurut Taufik, keberhasilan setelah melalui perjuangan yang panjang itu sangat penting untuk eksistensi Indonesia sebagai sebuah bangsa.

"Ini untuk kepentingan eksistensi. Tentunya (Indonesia) memiliki ruang untuk menyampaikan dan ikut terlibat dalam misi perdamaian dunia," kata Taufik, Sabtu (9/6).

Wakil ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menambahkan dengan menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB ini juga dapat menunjukkan sikap politik Indonesia yang bebas dan aktif secara lebih ril dalam menjaga perdamaian dunia bersama negara lain.

Dia mengatakan, perjuangan untuk menjadi Dewan Keamanan PBB bukan hal mudah. Menurut dia, perlu perjuangan besar dalam diplomasi secara objektif. "Harus diakui ini merupakan buah karya kerja keras lama," jelasnya.

Menurutnya, pimpinan DPR dalam beberapa kunjungan kerja ke luar negeri memenuhi undangan parlemen termasuk di Eropa, juga ikut mempromosikan. Karena Eropa memiliki banyak negara yang memiliki kekuatan pengaruh di Dewan Keamanan PBB.

"Kami juga sampaikan permohonan dukungan terutama saat saya ke Portugal, Rumania, Austria, Perancis dan negara besar lainnya," katanya.

Dia menambahkan dengan masuknya Indonesia diharapkan bisa ikut serta membantu menjaga perdamaian dunia dengab politik bebas aktif. "Minimal kita bisa tunjukkan kepada dunia," tegasnya. (boy/jpnn)


Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengapresiasi masuknya Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News