Politisi Demokrat Dukung DOB Sukabumi Utara

Politisi Demokrat Dukung DOB Sukabumi Utara
Politisi Demokrat Dukung DOB Sukabumi Utara

jpnn.com - JAKARTA - Politisi Partai Demokrat Inggrid Kansil mendukung penuh pembentukan Daerah Otonomi Baru Kabupten Sukabumi Utara. Menurut Inggrit, pemekaran tersebut diperlukan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

"Pemekaran akan memberikan kemudahan terhadap pelayanan masyarakat. Tentunya kami mendukung untuk pemekaran Kabupaten Sukabumi Utara," kata anggota DPR asal daerah pemilihan Kota dan Kabupaten Sukabumi, Selasa (17/9).

Dijelaskan Inggrid, Kabupaten Sukabumi secara administratif terdiri dari 47 kecamatan, 364 desa dengan luas wilayah 4.128 kilometer persegi dan merupakan kabupaten terluas di Pulau Jawa.

Menurutnya, wilayah Kabupaten Sukabumi 40 persen berbatasan dengan lautan dan 60 persen merupakan daratan. Berdasarkan catatan terakhir pada 2011, ia menerangkan bahwa jumlah desa/kelurahan di Sukabumi sebanyak 367. Karenanya, Inggrid menegaskan, secara administratif Sukabumi sudah layak dimekarkan mengingat banyaknya desa yang harus mendapatkan pelayanan secara cepat.

"Seperti pelayanan kesehatan maupun pelayanan kependudukan seperti pembuatan KTP, KK dan lain sebagainya," ujar istri Ketua Harian Partai Demokrat Syarif Hasan ini.

Ia menyatakan, secara pribadi dan institusi sudah menyampaikan kepada pimpinan Komisi II DPR agar pembentukan kabupaten Sukabumi Utara mendapat prioritas dalam hal pembahasan dan penyusunan. Sehingga pembentukan dapat segera direalisaikan.

"Perkembangan terakhir yang saya terima dari Komisi II, untuk pembentukan Kabupaten Sukabumi Utara sudah dimasukan kedalam Daftar RUU tentang Pembentukan DOB (Daerah Otonom Baru) Usul Inisiatif Komisi II DPR RI," jelasnya.

Bahkan pada tanggal 3 september Badan Legislasi (Baleg) telah menerima surat mengenai pengharmonisasian, pembulatan, dan pemantapan konsepsi terhadap RUU tentang Pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) yang disertai lampiran daerah-daerah yang diajukan. "Saya membaca dari 16 provinsi ajuan (100 kabupaten dan 5 kota yang akan dimekarkan)," ujarnya.

JAKARTA - Politisi Partai Demokrat Inggrid Kansil mendukung penuh pembentukan Daerah Otonomi Baru Kabupten Sukabumi Utara. Menurut Inggrit, pemekaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News