Polling Institute: Publik Menilai Positif Gibran di Debat Cawapres

Polling Institute: Publik Menilai Positif Gibran di Debat Cawapres
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat debat cawapres di Gedung JCC, Jakarta, Jumat (22/12). Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Survei Polling Institute mencatat mayoritas masyarakat menilai Gibran Rakabuming berhasil menang telak dalam panggung debat calon wakil presiden kemarin.

Hal itu merupakan temuan Polling Institute dalam survei yang dilakukan dalam rentang 26-28 Desember 2023, menempatkan 1.246 responden, dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

“Di antara sejumlah aspek dalam debat calon wakil presiden, Gibran dianggap paling positif oleh mayoritas masyarakat,” kata Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim saat memaparkan hasil survei secara virtual, Rabu (3/1).

Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim menjelaskan ada beberapa aspek yang ditanyakan dalam survei.

Pertama, mengenai siapa yang paling bagus program kerjanya. Dari 39,1 persen publik yang menyaksikan debat cawapres pada 22 Desember lalu, 49,7 persen menilai program kerja yang disampaikan Gibran lebih baik ketimbang Mahfud MD (20,3 persen) juga Muhaimin Iskandar (18,2 persen).

“Kami juga menanyakan siapa yang paling bagus dalam menjawab pertanyaan. Sebanyak 50,1 persen menyatakan Gibran, baru Mahfud (27,7 persen) lalu Muhaimin (18,3 persen),” ungkap Kennedy.

Polling Institute juga menanyakan perihal siapa yang paling menguasai persoalan. Sebanyak 47 persen menjawab Gibran, baru Mahfud MD 31,9 persen, lalu Muhaimin 16,6 persen.

Responden yang menyaksikan debat juga menilai Gibran paling meyakinkan ketimbang Mahfud atau Muhaimin. Ada sebanyak 48,9 persen yang menyatakan hal tersebut, menyusul Mahfud (30,4 persen) lalu Muhaimin (16,9 persen).

Survei Polling Institute mencatat mayoritas masyarakat menilai Gibran Rakabuming berhasil menang telak dalam panggung debat calon wakil presiden kemarin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News