Prabowo Diragukan Bisa Menguasai Panggung Debat Ketiga

Prabowo Diragukan Bisa Menguasai Panggung Debat Ketiga
Prabowo Subianto (tengah) saat debat pertama, 12 Desember. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - PADANG - Pakar politik dari Universitas Andalas Padang Asrinaldi mengatakan capres bernomor urut 2 Prabowo Subianto belum tentu bisa menguasai panggung debat ketiga Pilpres 2024, yang bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Debat ketiga akan digelar pada Minggu, 7 Januari.

"Apakah debat ini akan mengangkat Prabowo? Tergantung cara dia menjelaskan. Gagasan dia terkait dengan kebijakan pertahanan akan menggambarkan tentang penguasaan dia," katanya.

Asrinaldi menyebut tema pertahanan dan keamanan memang merupakan bidang yang erat kaitannya dengan sosok Prabowo yang berlatar belakang militer.

Namun, persoalan pertahanan dan keamanan terus mengalami perkembangan, tidak hanya mengenai persoalan alat utama sistem persenjataan (alutsista), tetapi juga sistem pertahanan yang berkaitan dengan teknologi.

"Jadi, tidak hanya bicara tentang sistem pertahanan yang konvensional. Saya yakin dan percaya tentu pasangan calon yang lain, 01 dan 03, juga akan mempelajari dengan baik, termasuk tema debat terkait ini," ujarnya.

Selain itu, pembawaan dan gaya Prabowo saat berada di panggung debat juga memiliki pengaruh yang besar pada elektabilitasnya setelah debat.

Menurut Asrinaldi, retorika seorang calon presiden saat menyampaikan gagasan terkait dengan kebijakan pertahanan di hadapan publik menjadi gambaran tentang penguasaannya terhadap persoalan.

Tema debat ketiga memang erat kaitannya dengan sosok Prabowo Subianto, tetapi...

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News