Jumat, 21 Juni 2019 – 04:44 WIB

Polri Bantah Pendataan Dukungan Masyarakat di Pilpres 2019 Bermuatan Politik

Kamis, 28 Maret 2019 – 21:53 WIB
Polri Bantah Pendataan Dukungan Masyarakat di Pilpres 2019 Bermuatan Politik - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Mabes Polri menegaskan langkah aparat kepolisian dalam pendataan dukungan masyarakat terkait Pilpres 2019 dipastikan tidak berkaitan dengan motif politik.

Pendataan itu bertujuan untuk memetakan daerah rawan konflik terkait dukungan tersebut. Bukan seperti yang dituduhkan untuk membantu salah satu pasangan calon yang sedang bertarung.

“Pendataan itu murni untuk mengetahui tingkat kerawanan dan menentukan cara bertindak nantinya,” ujar adiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (28/3).

"Jadi tidak ada kaitannya dengan motif politik. Kami wajib mengetahui daerah pemilihan (dapil), juga daerah mana yang terkonsentarasi paslon a dan paslon b untuk proses pengamanan," tambah Iqbal.

Menurut Iqbal, terkait pemetaan tingkat kerawanan wilayah adalah hal yang wajar dilakukan setiap tahunnya. Hal itu sebagai bahan polisi menentukan strategi pengamanan.

Dia pun menegaskan, apabila nanti ditemukan anggota Polri yang tak netral, pihaknya akan memroses dengan tegas sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Sama sekali tidak ada motif politik. Jadi, tegas sekali bapak Kapolri mengeluarkan TR (telegram rahasia)-nya. Artinya, siapa pun yang tidak netral akan kami proses, ada mekanismenya," tandas dia. (cuy/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar