Polri Gagalkan Pengiriman Paket Bom Teroris

Polri Gagalkan Pengiriman Paket Bom Teroris
Polri Gagalkan Pengiriman Paket Bom Teroris

jpnn.com - JAKARTA -- Tim Penyidik Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri menggagalkan upaya penyelundupan paket bom dari Surabaya, Jawa Timur ke Makassar Sulawesi Selatan, awal pekan ini.

Yang ditangkap tak lain adalah anak buah gembong teroris paling dicari Polri saat ini, Santoso.

"Empat hari lalu kita berhasil menggagalkan upaya pengiriman paket bom dari Surabaya yang dikirim melalui jasa angkutan barang ke Makassar," kata Kapolri Jenderal Sutarman di Mabes Polri usai Salat Jumat.

Dijelaskan Sutarman, awalnya penyidik mengendus adanya informasi pengiriman paket bom. Lantas, gerak-gerik mereka diikuti. Menurut Sutarman, awalnya bom itu hendak digunakan untuk melakukan teror di Surabaya. "Tapi mungkin suasananya tidak pas, sehingga dikirim untuk melakukan penyerangan di Sulsel," kata Kapolri.

Nah, begitu sampai di Makassar, Anggota Polri yang sudah mengintai beberapa hari kemudian melakukan penangkapan. Sebelumnya Polri sudah menginformasikan kepada perusahaan ekspedisi untuk jauh-jauh karena ada paket diduga bom.

"Alamat pengirimannya jelas. Sehingga ketika pelaku di Makassar akan mengambil berhasil kita tangkap setelah kita ikuti beberapa hari," kata Sutarman.

Dari penangkapan pelaku di Makassar, kata Sutarman, pihaknya kemudian melakukan pengembangan. Sehingga dalam waktu tak begitu lama, dua pelaku berhasil di tangkap masing-masing di Lampung dan Bengkulu. "Jadi, ada tiga pelakunya. Saya tidak hafal," ungkap Sutarman saat ditanya inisial pelakunya.

Yang jelas, kata Sutarman, para pelaku ini diduga kuat merupakan bagian dari pengikut Santoso. "Iya, kelompok teroris. Ini bagian dari kelompoknya Santoso," kata Sutarman. (boy/jpnn)


JAKARTA -- Tim Penyidik Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri menggagalkan upaya penyelundupan paket bom dari Surabaya, Jawa Timur ke Makassar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News