Polri Imbau Masyarakat Memanfaatkan Mudik Gratis

Polri Imbau Masyarakat Memanfaatkan Mudik Gratis
Polri mengimbau masyarakat memanfaatkan mudik gratis yang disediakan pemerintah, BUMN dan sejumlah perusahaan swasta. Foto: Divisi Humas Polri.

jpnn.com - JAKARTA - Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol. R. Slamet Santoso mengatakan jumlah pemudik pada lebaran tahun ini naik 55 persen dibanding tahun sebelumnya.

Kenaikan tersebut jauh melebihi penambahan kapasitas jalan. Karena itu Brigjen Slamet mengimbau masyarakat memanfaatkan fasilitas mudik gratis yang disediakan pemerintah, BUMN dan sejumlah perusahaan swasta.

"Dibanding tahun lalu, jumlah pemudik tahun ini naik sekitar 55 persen. Jumlah kendaraan juga meningkat drastis sementara kapasitas jalan tidak banyak bertambah," ujar Brigjen Slamet pada Dialog Publik 'Operasi Ketupat dan Strategi Pemerintah Hadapi Mudik Lebaran 2024' di Hotel Grand Kemang, Jaksel, Selasa (2/4) siang.

Menurut Brigjen Slamet, Polri mendorong masyarakat memanfaatkan fasilitas mudik gratis bertujuan untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas.

Sebelumnya Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko dalam sambutan pembukaannya menyatakan tekad Polri mewujudkan mudik lebaran tahun ini penuh ceria dan bermakna.

"Polri berkolaborasi dengan stakeholders terkait jauh hari mempersiapkan diri dengan berbagai kegiatan untuk mewujudkan mudik yang ceria dan bermakna," ucapnya.

Sementara itu Kasubdit Pengendalian Operasional Direktorat Lalu Lintas Jalan Kemenhub Deny Kusdiana menyatakan hasil survei memperlihatkan 193 juta warga kemungkinan akan melakukan pergerakan pada masa mudik dan balik lebaran tahun ini.

"Puncaknya H-2 ada 26 juta kendaraan dan H+3 ada 40,99 juta kendaraan yang bergerak pada saat itu," kata Deny.

Polri mengimbau masyarakat memanfaatkan mudik gratis yang disediakan pemerintah, BUMN dan sejumlah perusahaan swasta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News