Polri Jangan Ragu Menindak Ormas yang Melakukan Sweeping

Polri Jangan Ragu Menindak Ormas yang Melakukan Sweeping
Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) mendukung sikap presiden memerintahkan Kapolri untuk menindak tegas ormas yang melakukan sweeping atribut keagamaan menjelang Natal.

"Kami mendukung presiden, Polri jangan ragu menindak tegas ormas yang melakukan sweeping di mall. Karena tindakannya meresahkan," ujar Direktur Eksekutif Lemkapi, Edi Hasibuan, Selasa (20/12).

Menurut Edi, negara harus hadir dalam kebhinekaan. Karena toleransi umat beragama dijamin negara.

Karena itu, ketika ada aksi sweeping yang menggangu  keamanan, harus ada tindakan tegas dari aparat.

Lemkapi juga mengajak Polri bijak dalam melihat fatwa MUI. Bahwa hal tersebut merupakan masukan, bukan harga mati yang harus dilaksanakan. Karena yang berlaku di negara ini adalah hukum positif.

"Atas perintah presiden ini, kami minta kapolri tegas. Bila ada kapolda dan kapolres yang lalai menjaga wilayahnya, segera evaluasi kinerjanya," ucap Edi.

Demikian juga jika ada aparat yang salah menafsirkan fatwa hingga menimbulkan gejolak di masyarakat, harus dievaluasi.

Polri menurut mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini, harus bisa memberi kenyamanan pada masyarakat dalam memeluk agama masing masing. (gir/jpnn)

JAKARTA - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) mendukung sikap presiden memerintahkan Kapolri untuk menindak tegas ormas yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News