Polri Lakukan Survei Daya Tahan Pemudik Bersepeda Motor

Kapolri Perintahkan Korlantas Sediakan Tempat Istirahat untuk Pemudik

Polri Lakukan Survei Daya Tahan Pemudik Bersepeda Motor
Polri Lakukan Survei Daya Tahan Pemudik Bersepeda Motor

jpnn.com - JAKARTA - Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti meminta jajaran Korlantas Polri melakukan survei tentang daya tahan pemudik pengguna sepeda motor pada musim mudik lebaran nanti. Survei itu penting untuk menentukan lokasi istirahat yang akan disediakan Polri untuk para pemudik dengan kendaraan roda dua.

Survei daya tahan pemudik bermotor dan penentuan lokasi istirahat itu dianggap perlu karena selama ini 70 persen dari angka kecelakaan lalu lintas selama musim mudik berasal dari pengendara sepeda motor.  "Saya sampaikan ke Kakorlantas (Irjen Condro Kirono, red) untuk survei berapa jam pengendara motor harus istirahat," kata Badrodin di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian di Jakarta, Senin (22/6).

Badrodin menambahkan, anak buahnya harus menyiapkan tempat istirahat bagi pemudik bersepeda motor. Sebab, jangan sampai pengendara motor dianjukan istirahat setelah berkendara selama sekian jam, tapi tempat istirahatnya tidak ada sehingga terpaksa rehat di pinggir jalan.

Sedangkan Kakorlantas Polri Irjen Condro Kirono menegaskan, survei itu sudah dilaksanakan pekan lalu. Menurutnya, akan ada tempat lokasi check point bagi pengendara sepeda motor selama musim mudik.

Beberapa tempat yang dijadikan lokasi istirahat antara lain kantor KPU Kabupaten Bekasi, kantor Kecamatan Ciasem di Subang, serta di Indramayu dan Pemalang. "Ada tempat istirahat yang memadai," ujarnya.

Untuk arus balik, kata Condro, masyarakat juga harus dipaksa istirahat. Misalnya, di Cirebon ada bekas markas kompi Brimob dan Balai Benih Bibit di Subang akan disiapkan untuk lokasi istirahat. “Kan sudah dekat Jakarta, harus istirahat," katanya.(boy/jpnn)

 


JAKARTA - Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti meminta jajaran Korlantas Polri melakukan survei tentang daya tahan pemudik pengguna sepeda motor


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News